Monday, March 25, 2013

TV LG PEARL BLACK MATI TOTAL

Kali ini saya akan berbagi pengalaman dengan rekan rekan pembaca yang budiman, Tv merk LG Pearl Black 21FU3RD, IC prosesor EAN60681601 / LV76211, IC Vertical LA 78141, Tr Horisontal C6090 dan STR W6554A untuk Regulator power suply. Untuk kerusakan TV ini yaitu Mati total,



Pengecekan di mulai dari Power suply, ternyata B+ = nol volt, apakah kira-kira penyebabnya, pengecekan selanjutnya pada Transistor Horisontal, disini transistor ternyata terukur konslet alias sudah jebol. langkah selanjutnya Transistor tersebut kita lepas dari board kemudian mainboard / mesin kita nyalakan, ternyata tegangan B+ ada.

Setelah Transistor horisontal diganti saya coba untuk menyalakan kembali mesin akan tetapi jangan lupa untuk antisipasi agar tr horisontal aman ( takutnya jebol lagi gituuu...) kita pasang lampu pijar 100 w diantara kaki kolektor tr horisontal dan output horisontal dari Fbt. catatan: dari beberapa kasus pada Tv LG pearlblack sering kerusakan terjadi pada blok / bagian horisontalnya, kerusakanya bisa disebabkan dari kapasitornya, flayback yang mengakibatkan transistor horisontal jebol. langkah selanjutnya nyalakan mesin dan perhatikan lampu pijar tsb dalam kondisi harisontal bekerja lampu akan menyala.(tetapi tidak nyala terang, alias redup)

Untuk selanjutnya pengukuran pada tegangan output Fbt, untuk kondisi fbt tidak rusak maka tegangan out put pasti ada walau agak kurang seperti tegangan heater, tegangan video (180 v), tegangan screen dsb. untuk yang terjadi pada kasus ini tegangan output fbt semua ada kecuali tegangan untuk vertikal ( disini tegangan vertikal = nol volt ), Wah...saya curiga jangan jangan IC vertikal jebol juga dan benar saja setelah ic vertikal juga dicabut, dan mesin kembali dinyalakan ternyata tegangan ada ( +/- 26 volt ).

Setelah penggantian Ic vertikal ( LA 78141) kita coba nyalakan mesin dan cek lagi tegangan vertikal, sudah oke. setelah semua tegangan oke selanjutnya kita pasang mainboard pada tabung crt, dan selanjutnya kita lihat hasilnya, ternyata sudah oke.

Kesimpulannya adalah Tv ini rusak Tr Horisontal ( C6090 ) dan IC vertikal ( la 78141), tetapi untuk lebih aman pada blok horisontalnya, ganti juga kapasitor 18 n 2kv. Semoga bermanfaat.

Baca juga:
  1.  Tv advance no picture
  2. Tv samsung no picture
  3. Tv cina LA76931 tidak terima siaran


16 comments:

  1. Salam Kenal dari Batam
    Mohon bantuannya
    TV LG 21FU3RD protec setelah 2 detik. setelah di cek tenyata dari vertikal. Aku buka jalur protec dari vertikalnya, sehingga TV bisa hidup tapi cuma garis mendatar. IC vertikal di ganti dengan yang baru tapi hasilnya sama saja. Semua komponen di bagian vertikal sudah di cek semua dan semuanya masih ok. ?
    Thanks atas bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek defleksi yoke mungkin rusak?, klo semua bag vertikal oke coba cek juga teg out vertikal, osilator vertkl dr ic prosesor

      Delete
  2. mlm gan yg budiman.. ada pasen tv yg sama dan masalah yg sama .. tp pas saya nyalakan mesinnya gx bisa start cm berkedip doang lampu stendby nya... dan di C803 slalu menyimpan tegangan jk d matikan dan di cabut sambungan arus nya .. gimana ya gan ... thanx sbelumnya..

    ReplyDelete
  3. Assalamu'alaikum slm knal buat mas kholiq. ..aq arek pakisaji mas di Papua saiki..mau tanya masbro...tv lg pearl black type 21 SA4RL-TA slim. .. mati total setelah d tlusuri ternyata ic vertikal LA 78141 jebol. ..setelah pergantian pemain tv mau nyala tp baru 10 detik ic vertikal meledak langsung mrotoli...setelah dicek voltase naik 29-30...padahal yg tertulis d pcb 26volt...gmn cara mengatasi voltase yg naik..pd vertikal tsb.
    Mohon solusinya masbro...aq tggu bisa kirim lewat email q mas
    jazuli.efendi80@gmail.com ato sms 081232738549...
    Matur suwon sanget mugi2 ilmu jenengan barokah
    Assalamu'alaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek teg B+, tegangan B+ harus normal dulu, cek cek semua kapasitor di area pwr suply mungkin ada yang kering

      Delete
  4. saya ada tv LG 21FU6RL, gejalanya pas di on kan cuma ada garis tengah terang mendatar aja. kemudian mati stand by. seperti ke-protek... begitu seterusnya.. sudah sempat ganti ic vertikal, namun hanya nyala normal sebentar kemudian mati dan kembali seperti gejala sebelumnya.. mohon pencerahannya gan,,, terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba ganti kapasitor diarea vertikal, biasanya yg bermasalah elco 47 mf di area vertikal

      Delete
    2. saya ada tv LG 21FU6RL,gejala tidak keluar percikan dr cop flyback,tegangan b+ normal,mohon bantuannya.trmzh

      Delete
  5. mohon bantuan nya pak awal nya tv saya lg 21SA1RL mati jadi saat di hidupkan hanya ada garis putih horisontal kemudian mati lagi seperti di protect setelah di ganti ic vertikal, transistor horisontal dan capasitor 18n tv nya hidup namun tombol tv dan remote tidak fungsi. Mohon bantuan nya untuk mengatasi masalah ini terimakasih.

    ReplyDelete
  6. Pak, penggantinya STR W6554A apa ya?

    ReplyDelete
  7. mhon bantuanya mas,sya dpt tv LG 29" model 29fu6rl.dibagian regultor berunyi criiit..criit..dn lmpu indktor berkedip2,dlam kaadaan dingin tv tdak mau nyala stlah mnunggu agak lma tv trsbut hidup,gambar yg tampil tdak ada warna merah.

    ReplyDelete
  8. slam knal mas,sya punya tv LG 29" model 29fu6rl dbgian regulator terdganr bunyi criit..criit..dan lmpu indiktor brkedip2,stlah menggu agak lma tv kmbali hdup tpi pda saat dngin tv tdak mau hidup dn ktika tv tersbut hidup gambar tdak menmpilkan warnah merah..mhon solusinya mas

    ReplyDelete
  9. mohon bantuannya master. Sy nyervis tv LG pearl black dngan kerusakan gambar normal tp suara kecil hanya suara desis radio fm yg ga ada gelombangnya.Menu servis sudah sy acak2 tp tetap saja hasilnya sama. Ic jg udah diganti tp tetap begitu.mohon bantuannya thanks.

    ReplyDelete
  10. bang tv saya saya sama. LG black pearl. sebelumnya udah selesai semua dan normal dan karena saking senangnya wktu di nyalain lupa soket def yoke nya blm terpasang. jadi titik di tengah gitu trus aku buka lagi dan aku pasang soketnya eh waktu di nyalain cuma muncul garis mendatar dan aroma gosong. kira" apanya yg rusak karena lupa pasang soket defleksi trsesut. mohon banget maklum anak ingusan SMK di kediri.

    ReplyDelete
  11. ADA YG TAU NO PLAYBACK 29FU6RL BERAPA YA ? SOALX TVKU UDA HILANG NOX !

    ReplyDelete
  12. Assalamualaikum...
    Mhon bntuan nya mas...aku dri riau..aku ada tv lg pearl black 21fu3rd yg mati standby,cuma lmpu mrah yg hdup...kira kira apa yg rusak mas??

    ReplyDelete