Saturday, February 14, 2015

CARA MEMPERBAIKI TV ADVANCE ADA SUARA DAN TAK KELUAR GAMBARNYA

Selamat malam sahabat JM Electro, selamat berjumpa kembali, sambil menikmati secangkir kopi malam ini kami akan sedikit berbagi, sedikit atau salah satu kasus yang terjadi pada siang tadi. Ada dua buah TV yang mampir ke Jm Electro, yang pertama Tv cina yang sudah di ganti mesin dan yang kedua sebuah TV merek Advance. Yang akan kami sampaikan kali ini adalah tentang kerusakan yang terjadi pada TV Advance.

Sebenarnya kerusakan yang terjadi pada TV merk Advance ini tidak terlalu istimewa dan sering terjadi pada umumnya TV merek cina. Tv ini menggunakan IC Prosesor tunggal berkode R2J10190HA-A000D, vertikal LA 78040, dengan kerusakan ada suara tetapi tidak ada gambar.



Pemeriksaan Kerusakan-kerusakan.
  • Nyalakan Mainboard kemudian cek tegangan B+,  (tegangan B+ terukur 114 volt, tegangan suply vertikal dan suply driver horisontal terukur 30 volt.
  • Tegangan untuk IC prosesor terukur 9 volt, ini harusnya kurang lebih normalnya 12 volt.
  • Tegangan untuk suply Ic aodio terukur 15 volt, kelihatanya normal.
Dari hasil pemeriksaan diatas ada yang menarik perhatian kami yaitu poin yang kedua (Tegangan untuk IC prosesor terukur 9 volt, ini harusnya kurang lebih normalnya 12 volt), Penyebab tegangan drop tersebut adalah elco filter ukuran 220mf 25 volt, solusi untuk masalah ini yaitu dengan mengganti elco tersebut dengan ukuran 1000mf 25 volt.

Untuk selanjutnya kita nyalakan mainboard kembali, eeehhh ternyata tv belum mau keluar gambarnya, dikarenakan area horisontal belum bekerja, ditandai dengan belum bekerjanya trafo FBT, pengecekan selanjutnya:
  • Cek tegangan untuk suply transistor driver ( ternyata tegangan oke), 
  • cek tegangan output trafo driver horisontal ( ternyata tegangan tidak keluar), berarti osilator horisontal belum bekerja ( dari IC prosesor).
  • cek tegangan untuk suply IC prosesor (5 volt dan 8 volt), yang 5 volt drop jadi 4 volt, yang 8 volt bagus.
Dari hasil pengecekan tersebut bisa ditarik kesimpulan bahwa tidak bekerjanya IC prosesor secara maksimal di karenakan tegangan 5 volt ngedrop, solusi untuk masalah ini yaitu dengan mengganti transistor regulator 5v ( ST 8050) dengan C 2482 agar lebih kuat.





Gambar diatas menujukan Transistor regulator 5 dan 8 volt.
dan setelah dilakukan penggantian transistor tersebut, kemudian tv dinyalakan dan akhirnya kami bisa bernafas lega, Gambarnya sudah nongol broo,...alkhamdulillah...!!

sekian dan mudah mudahan ada manfaatnya.

mungkin anda tertarik baca ini :

  1. TV tidak ada gambar
  2. TV samsung no picture
  3. TV cina tidak terima siaran

No comments:

Post a Comment