Friday, April 27, 2012

TV TCL SALAH SATU WARNANYA HILANG


Selamat malam sahabat Jm Electro,  selamat berjumpa kembali, senang rasanya bisa mulai berbagi, mudah mudahan yang akan kami sampaikan bermanfaat untuk rekan-rekan semua.

Kerusakan yang umum, dan yang sering terjadi pada kebanyakan TV cina brand, salah satunya adalah kerusakan pada warnanya, misalnya warna dominan merah, warna dominan biru, warna dominan hijau, salah satu warna hilang, dan sebagainya.

Biasanya untuk kerusakan warna pada TV cina dikarenakan panas pada kompenennya over, sehingga merusak mainboard atau PCB nya.

Dari beberapa tv merek TCL sering terjadi kerusakan pada rangkaian kecil yang ada di belakang crt ( saya menyebutnya pcb RGB ). kerusakan ditandai dengan hilangnya salah satu warna, merah, hijau atau biru. Tetapi bisa juga kerusakan disebabkan tabung crt yang rusak.


Untuk mengetahui lebih detail kita harus melakukan pengecekan pada rangkaian. Ukur tegangan Video 180v, yang masuk ke transistor ( C2482), untuk tegangan normal biasanya yang masuk ke katoda RGB nya biasanya lebih dari 180 volt, bila kurang dari itu biasanya transistor rusak.




Untuk gambar diatas merupakan gambar pcb untuk rangkaian RGB TV TCL model 2136S degan CHASIS memakai IC prosesor tunggal TCL A30V03-TO / 8823CRNG5JB3. bagian-bagian yang saya lingkari yang kemungkinan terjadi kerusakan. (transistor C2482), Ganti semua ketiganya.

Kerusakan kerusakan terkait dengan warna juga bisa terjadi bukan karena Transistornya saja, bila tidak yakin bisa diganti juga R10k 2w, disekitar Tr C2482,

Bila semua sudah di cek di semua bagian di PCB  RGb, dan hasilnya masih belum maksimal, cek juga tegangan out pada pin out RGB dari IC prosecor. cek juga tabung crt, karena kerusakan warna terkait juga dengan tabung CRT. 

Semoga bermanfaat.


4 comments:

  1. Salam kenal pak.
    Terima kasih infonya ya pak.
    Sangat bermanfaat.

    Btw, mau tanya skalian boleh ya pak.
    Saya ada kasus tr rgb, ketiganya over heating. Hal ini terjadi setelah saya ganti FBT baru.

    Dan, setelah saya ukur, 180vdc-nya hanya terukur 173vdc.

    Jika bapak ada saran, mohon infonya ya pak.
    Terima kasih.
    fatur_lektro@yahoo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. tegangan masih dianggap normal, hasil gambar oke tidak ? kalo bagus berarti gak masalah.

      Delete
  2. Pada saat penggantian baru, hasil gambar oke, lalu selang beberapa menit, gambar begetar dan jadi merah bergaris-garis, setelah saya cek dari block RGB pada komponen TRnya mengeluarkan asap. Saat saya sentuh komponen TRnya panas sekali pak. Dan, saya sudah ganti tiga tr c2482nya berikut R-10K nya, dan tr A1015 jg sudah saya ganti.

    ReplyDelete
  3. periksa kembali solderan atau jalur, biasanya jalur pcb di rgb mudah putus dan mengelupas serta mudah koslet (cek jalur Rednya), coba nyalakan tapi jangan dimasukan di tabung crt dulu, ukur tegangan yg ke pin crt, bila tr tidak koslet teg pasti ada, namun kerusakan dengan warna merah bergaris garis berkaitan juga denga kerusakan pada tabung crt (Katoda Red nya mungkin shot), untuk yang ini coba nyalakan dengan pakai tabung crt yg lain dulu

    ReplyDelete