Wednesday, April 25, 2012

MERAKIT SPEAKER AKTIF MENGGUNAKAN IC TDA 2030A

Seperti judul diatas untuk posting kali ini saya akan membahas masalah bagaimana cara kita merakit sepeaker aktif, sebenarnya sepeaker aktif sudah banyak beredar di pasaran dengan berbagai merek dan ukuran. dari yang kecil sampai  yang ukuran besar dengan design yang sangat menarik. Untuk kali ini yang akan kita  bahas adalah merakit speaker aktif dengan ukuran kecil untuk powernya mengunakan IC TDA 2030A. 

IC TDA  2030A  merupakan IC audio power amplifier berdaya rendah, jadi untuk kualitas suara yang akan dihasilkan nanti, bisa dibilang lumayan, baiklah sebelum kita merakit kita akan persiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan.

PERSIAPAN
  1. SEPASANG BOX SPEAKER AKTIF yang sudah ada lubang untuk ukuran speaker 5 inchi.
  2. MAINDBOARD / MESIN SPEAKER AKTIF ( tentunya yang menggunakan IC TDA 2030A)
  3. TRAFO 2 AMPERE.CT 15 VOLT
  4. 2 buah LOUDSPEAKER ukuran 5 inci, 4 ohm - 8 ohm. ( untuk speakernya saya gunakan merk Elsound 5 inchi dengan independent 6 ohm).
  5. PANEL DEPAN dengan 4 lubang potensio.
  6. KABEL POWER ( untuk arus listrik 220 v )
  7. KABEL PASIF + JACK RCA ( untuk colokan speaker sebelah)
  8. 2 buah tweeter (seperti speaker kecil untuk suara trible )
PERAKITAN
  1. Pasang trafo ke dalam BOX SPEAKER AKTIF ,kabel power AC sambung melalui saklar ON / OFF pada panel depan. setelah tersambung coba dinyalakan dan ukur output arus ac yang keluar dari trafo tersebut. 
  2. Pasang loudspeaker dan tweeternya kedalam box dengan kabel secukupnya.
  3. Pasang mesin speaker aktif dengan menyambung input arus ac ke trafo ( sambunng dengan arus 15 volt ), kemudian sambung input audio ke soket RCA, sambung juga output power ( L ) ke speaker dan output power ( R ) ke soket RCA output speaker R. dan jangan lupa pasang mesin speaker aktif ke panel depan ( tinggal masukan saja potensio ke panel dan pasang MUR nya.
  4. Setelah semua penyambungan selesai sekarang giliran kita melakukan TEST dengan menyalakan speaker aktif dan input audio dari DVD Player saja.
  5. Selesai


Amati hasil pengujian suranya, bagaimana hasilnya, :
  • Bila dalam pengujian heatsink pada IC panas, tegangan bisa di turunkan jadi 12 vol, atau bisa juga ditambah heatsinknya.
  • Bila tegangan diturunkan akan berbanding terbalik dengan kualitas suara, misalnya pada suara bass, biasanya suara bass akan berkurang (jadi kurang mantab).
  • Untuk suara trible, jika tegangan diturunkan tidak akan banyak berpengaruh.
  • Bila suara bass kurang mantab, bisa di modif di bagian tone controlnya, dan trafo bisa pake yang 3 ampere.

Oke cukup sekian dulu posting saya kali ini , semoga ada manfaatnya untuk rekan rekan pengunjung blog. Matursuwun.