Jumat, 27 April 2012

TV TCL SALAH SATU WARNANYA HILANG

Dari beberapa tv merek TCL sering terjadi kerusakan pada rangkaian kecil yang ada di belakang crt ( saya menyebutnya pcb RGB ). kerusakan ditandai dengan hilangnya salah satu warna, merah, hijau atau biru. Tetapi bisa juga kerusakan disebabkan tabung crt yang rusak.

Untuk mengetahui lebih detail kita harus melakukan pengecekan pada rangkaian. Ukur tegangan Video 180v, yang masuk ke transistor ( C2482), untuk tegangan normal biasanya yang masuk ke katoda RGB nya biasanya lebih dari 180 volt, bila kurang dari itu biasanya transistor rusak.




Untuk gambar diatas merupakan gambar pcb untuk rangkaian RGB TV TCL model 2136S degan CHASIS memakai IC prosesor tunggal TCL A30V03-TO / 8823CRNG5JB3. bagian-bagian yang saya lingkari yang kemungkinan terjadi kerusakan. (transistor C2482), Ganti semua ketiganya.

Semoga bermanfaat.


Rabu, 25 April 2012

MERAKIT SPEAKER AKTIF MENGGUNAKAN IC TDA 2030A

Seperti judul diatas untuk posting kali ini saya akan membahas masalah bagaimana cara kita merakit sepeaker aktif, sebenarnya sepeaker aktif sudah banyak beredar di pasaran dengan berbagai merek dan ukuran. dari yang kecil sampai  yang ukuran besar dengan design yang sangat menarik. Untuk kali ini yang akan kita  bahas adalah merakit speaker aktif dengan ukuran kecil untuk powernya mengunakan IC TDA 2030A. 

PERSIAPAN
  1. SEPASANG BOX SPEAKER AKTIF yang sudah ada lubang untuk ukuran speaker 5 inchi.
  2. MAINDBOARD / MESIN SPEAKER AKTIF ( tentunya yang menggunakan IC TDA 2030A)
  3. TRAFO 2 AMPERE.CT 15 VOLT
  4. 2 buah LOUDSPEAKER ukuran 5 inci, 4 ohm - 8 ohm. ( untuk speakernya saya gunakan merk Elsound 5 inchi dengan independent 6 ohm).
  5. PANEL DEPAN dengan 4 lubang potensio.
  6. KABEL POWER ( untuk arus listrik 220 v )
  7. KABEL PASIF + JACK RCA ( untuk colokan speaker sebelah)
  8. 2 buah tweeter (seperti speaker kecil untuk suara trible )
PERAKITAN
  1. Pasang trafo ke dalam BOX SPEAKER AKTIF ,kabel power AC sambung melalui saklar ON / OFF pada panel depan. setelah tersambung coba dinyalakan dan ukur output arus ac yang keluar dari trafo tersebut. 
  2. Pasang loudspeaker dan tweeternya kedalam box dengan kabel secukupnya.
  3. Pasang mesin speaker aktif dengan menyambung input arus ac ke trafo ( sambunng dengan arus 15 volt ), kemudian sambung input audio ke soket RCA, sambung juga output power ( L ) ke speaker dan output power ( R ) ke soket RCA output speaker R. dan jangan lupa pasang mesin speaker aktif ke panel depan ( tinggal masukan saja potensio ke panel dan pasang MUR nya.
  4. Setelah semua penyambungan selesai sekarang giliran kita melakukan TEST dengan menyalakan speaker aktif dan input audio dari DVD Player saja.
  5. Selesai

Oke cukup sekian dulu posting saya kali ini , semoga ada manfaatnya untuk rekan rekan pengunjung blog. Matursuwun.

Jumat, 20 April 2012

SERVICE TV SANYO MATI

Posting saya kali ini akan menceritakan tentang duel maut saya dengan ini TV. Gejala kerusakan tv ini adalah setiap kali tv di ON kan akan nyala, nanti setelah 5 - 10 menit TV mati total. TV SANYO serial no 16 X 04344, warna Hitam silver menggunakan IC Jungle LA 76931A, IC VERTICAL LA 78040.

Pertama seperti biasanya kita bongkar casing, kemudian bongkar juga mainboardnya jangan lupa bersihkan dari segala macam kotoran/debu. setelah selasai bersih-bersih kemudian kita solder ulang semua titiksolder yang kelihatan retak ,Kemudian mainboard kita periksa kondisi komponen semua terlihat oke tidak ada yang mencurigakan, kita nyalakan mesin tanpa tabung saya cek semua tegangan normal, selanjutnya mesin kita biarkan nyala sekitar 30 menit ternyata tidak mati.

Untuk langkah selanjutnya mainboard kita pasang kembali ke layar crt , teryata TV mau menyala dalam keadaan seperti normal (hanya ada raster ya karena belum saya pasang antena), Gejala mulai timbul setelah saya colok antena sinyal gambar muncul lalu tv MATI (lampu indicator juga mati). Dalam pikiran saya kira-kira apanya ya?  Tanpa berpikir lama saya langsung ACTION ambil MULTI TESTER kemudian saya cek out put Regulator power suplay ternyata NOL VOLT. Kemudian saya cek tegangan di LINE HOT nya ternyata tegangan 300 voltnya ada. Saya ambil kesimpulan kerusakan ada pada regulatornya.  ( Regulator tv ini menggunakan STR W6753 ) kemudian langsung saja saya ganti STR nya dan sekalian elco 1mf 50, 47mf 35 juga saya ganti.

Setelah penggantian selesai langsung tv di nyalakan dan akhirnya oke. setelah pengetesan selama 3 jam saya putuskan untuk menutup casing. SELESAI


SERVIS TV SANKEN SYMPHONY SLIM

TV SANKEN SYMPHONY SLIM ini menggunakan IC tunggal TOSHIBA 8899CSCNG6UV2, IC Vertical STV 9378, TR HORISONTAL D5036 dan STR W6556A. Kerusakan tv ini :
  1. Gambar tidak penuh, bagian bawah layar ada warna hitam sekitar 2 cm.
  2. Suaranya hilang, untuk pertama dinyalakan suara tidak ada tetapi lama-lama kadang ada.
  3. Layar warnanya tidak normal, disetiap sudut layar ada warna merah.
Pertama saya buka terlebih dulu casing tv, kemudian bongkar mesinnya / mainboard dan bersihkan debu dan kotorannya. setelah semua bersih saya mulai mengamati kondisi mesinnya, secara kasat mata memang ada dua buah elco yang sudah mengembung. ukuran elco tersebut :
  1. 1000 mf 25 volt, terpasang dipower suplay untuk mencatu IC power ampli.
  2. 2200 mf 35 volt terpasang untuk output Vertical.
Untuk selanjutnya kedua elco tersebut lansung saya ganti, kemudian jangan lupa solder ulang semua titik yang kelihatan sudah retak. kemudian untuk mengecek semua tegangan kita nyalakan mainboardnya, ternyata setelah saya cek semua NORMAL, oke-oke saja.

Setelah pengecekan selasai kemudian saya pasang mainboard ke layar / tabung crt. Kemudian tv dinyalakan dan hasilnya GAMBAR LANGSUNG PENUH, SUARA pun langsung terdengar oke.
Kesimpulannya kerusakan tv ini cuma elco yang mengembung.
Untuk tampilan layar yang berwarna merah disetiap sudutnya cara mengatasinya dengan memakai magnet (bisa magnet bekas speaker) dekatkan magnet ke layar crt tarik perlahan satu arah berulang sampai warna merahnya hilang.

Semoga bermanfaat, dan salam kenal untuk rekan-rekan tukang servis, salam dari Banten.






Selasa, 17 April 2012

MERAKIT AMPLIFIER 600 W RMS ( dengan box: BELL HK-201 )



PERSIAPAN MERAKIT AMPLIFIER 600 WATT
  1. BOX AMPLI  merk BELL HK 201, ( komplet + aksesoris ).
  2. POWER MODULE AMPLIFIER 600 W, disini saya menggunakan rangkaian PCB merk NELC ( mono-mono ) dan saya gunakan transistor Powernya  Merk TOSHIBA 2SA1943 , 2SC5200.
  3. TRAFO 5 AMPERE.
  4. ELCO  6800 MF 50 V ( 4 buah )
  5. DIODE BRIGDE KOTAK
  6. TONE CONTROL  324-HK-201 Merk NELC.
  7. PROTECTOR SPEAKER
  8. ELCO 2200MF 25 V (2X), ELCO 470MF 25V (2X), IC 7812/7912 Dan IN 4002 (4X), ini untuk power suplay tone control.

Pertama ambil box amplifiernya ukur untuk tata letak TRAFO, POWER, ELCO DAN PROTECTOR. Kemudian buat lubang untuk baut ( di bor ) sesuai dengan komponen tersebut diatas.
Langkah berikutnya pasang Trafo, pasang dengan baut dan dan sambung dengan input arus AC 220 v melalui Tombol / Saklar utama jangan lupa skring pengaman juga dipasang. Lakukan pengukuran pada output arus ac dari Trafo dengan menyalakan trafo tanpa diode/elco. Setelah oke pasang diode brigde dengan elco 6800 mf ( ini perwer suplay untuk Power ampli), sambung dari ouput trafo 25 v s/d 35 v, dan juga pasang diode IN 4002 dan elco 2200mf 25v ( untuk power suplay tone control), sambung dari output trafo 12v s/d 18v.

Setelah pemasangan power suplay selesai kini giliran kita mengukur tegangan output DC yaitu untuk power ampli +35v dan -35v, untuk tone control +12v dan -12v.

Untuk langkah berikutnya pasang power modulnya (POWER AMPLI 600 W) sambung input arusnya dengan power suplay, kemudian test dengan memasang sepeaker di outputnya dan nyalakan!. kemudian test teganganya setelah oke, kemudian sentuh kedua input audionya dengan jari tangan  apabila terdengar suara seperti dengung, berarti OKE.

Untuk langkah berikutnya pasang tone control dengan menempelkan / memasukan potensio ke lubang panel depan ampli dan pasang mur potensionya untuk mengencangkan. Kemudian sambung input tegangan ke power suplay, sambung output audio ke input power module dan sambung juga input audio ke input SOKET RCA dengan melalui ROTARI SWICTH . Jangan lupa test juga dengan audio ( dari DVD PLAYER atau yang lainnya).

Langkah selanjutnya pasang speaker protector, sambung input arus dari trafo 18 v ac, sambung input dari power module dan output ke terminal speaker out.  setelah itu lakukan pengetesan dengan menyalakan protector, biasanya lampu indikator akan berkedip lalu berhenti dan relay akan menyala.
Kemudian test lagi dengan memakai multi tester ( pada skala ohm x1 untuk input dan output protector).

Kemudian test semua rangkaian dengan memasukan audio ke Amplifier dan juga pasang Loudspeaker, apabila sudah terdengar suara nyaring / bening ( tidak krepek-krepek ) berarti AMPLIFIER 600W sudah jadi.

SELAMAT MENCOBA.


Senin, 16 April 2012

SERVICE VCD COMPO SAMSUNG PROTEX

Sudah hampir 2 minggu VCD COMPO SAMSUNG max  vs720 teronggok bagai rongsok di lantai dengan kondisi mati protex.





Setelah saya bongkar  tutup samping  dan tutup belakang, pengetesan  dimulai dari Power suplay dan rangkaian protector ( semua OKE ). Langkah kedua saya putuskan tegangan yang  mensuplay Power ampli ( +32v dan -32v ) terus saya nyalakan , ternyata mau ON. saya pikir ini yang rusak ic powernya ( STK XXXX, kode ic nya saya lupa catat) kemudian saya sambung lagi tegangan yang ke power tsb dan saya angkat IC powernya dan coba  saya nyalakan ternyata PROTEC lagi. pengecekan berlanjut, saya putuskan lagi tegangan powernya saya sambung lagi yang tegangan (- 32v) saya nyalakan powernya ternyata bisa ON, saya sambung tegangan ( + 32v ) saya nyalakan dan apa yang terjadi ternyata protec lagi. titik terangpun mulai muncul ketika saya cek tr c1009 teryata short.



Selanjutmya saya ganti transistor  tersebut, kemudian saya nyalakan ternyata oke dan setelah ditest selama dua jam tidak mati protec lagi. SELESAI.
Mohon maaf apabila ada kekurangan, karena saya masih Belajar.  


Jumat, 13 April 2012

CARA PASANG PROTECTOR SPEAKER

TIP PASANG PROTECTOR SPEAKER PADA RANGKAIAN AMPLIFIER

         Protector Speaker adalah suatu rangkaian electronik yang berfungsi untuk melindungi sepeaker dari HENTAKAN  arus dari rangkaian Amplifier ( pada saat pertama amplifier di ON kan). Rangkaian protector ini biasanya dipasang pada Amplifier berPower besar.

         Cara kerja rangkaian ini adalah, pada saat Amplifier di nyalakan, arus masuk ke rangkaian ini, kemudian untuk beberapa detik Relay dirangkaian ini akan menyala ( fungsi dari relay pada rangkaian protector ini adalah sebagai saklar antara rangkaian power modul dan loudspeaker)

          Untuk cara memasang rangkaian ini sangat mudah,
  1. Pertama sambung input arus ac dari trafo ( biasanya antara 18v s/d 32v )
  2. Sambung Line input dari rangkaian Power Ampli.
  3. Sambung Line output ke Terminal out Amplifier.

        Setelah semuanya terpasang dengan benar sekarang silahkan tes rangkaian tersebut ( pakai multitester pada skala OHM ). pada saat protektor ON, colok pakai ujung kabel tester antara Line input dengan Line output ( input L dengan output L atau input R dengan output R) kalau jarum pada tester bergerak ke kanan berarti sudah OKE.

         

Rabu, 11 April 2012

TV SANYO LAYAR BERGARIS MENDATAR

          Hari ini saya mendapat pasien TV merk SANYO DINAMIC OXY, dibawa ke meja kerja saya  dengan keadaan TV nyala tapi dilayar hanya ada garis mendatar berwarna putih terang.

          Setelah TV saya bongkar dan tentunya dibersihkan, kemudian Mainboard kita lepas, kitanyalakan mainboardnya (mesin TV ) tanpa menggunakan TABUNG CRT / Layar. Pertama saya lakukan pengecekan tegangan power suplay, semua Normal. kemudian saya cek tegangan out put Vertikal ternyata disitu terukur +/- 27 volt (seharusnya sekitar 12 volt ), kemudian saya  cek lagi tegangan ke IC prosesor ( IC yang paling besar ) disitu seharusnya ada tegangan 5 volt dan 8  volt, tetapi tegangan 5voltnya Hilang, dan setelah saya sentuh IC tersebut ternyata dingin ( sepertinya IC tidak berfungsi). kemudian saya langsung cek ke sumber dari tegangan 5 v tersebut, disitu ada IC 7805 ternyata solderanya retak,  langsung ambil soder  + timah , saya  solder IC tersebut, dan jangan lupa juga cek solderan komponen yang lain.

         Untuk selanjutnya pasang mesin pada layar, kemudian langsung saya nyalakan ternyata OKE.
demikian untuk posting kali ini, dan ini  GAMBARNYA GAN......!
                                                                                                                                                                      

Selasa, 10 April 2012

CARA MENGGANTI SPULL / COIL PADA LOUDSPEAKER

          Untuk posting kali ini saya akan menguraikan bagaimana cara mengganti spul pada speaker. pertama siapkan  peralatan sebagai berikut:
  1. PISAU CUTER
  2. LEM SPEAKER ( bisa lem fox stik atau lem khusus speaker).
  3. SPUL atau COIL PENGGANTI ( sesuakan ukurannya nanti setelah coil terbuka).
          Pertama, posisikan loud speaker dari depan, kemudian buka penutup coil (biasanya berbentuk bulat  atau corong) dengan pisau cuter secara perlahan ( jangan sampai terkena CONUS / MEMBRAN). Setelah penutup terbuka coil akan kelihatan, lepas coil tersebut dengan pisau cuter secara perlahan juga.

          Setelah coil terangkat, bersihkan sisa serpihan lem/kertas dari dalam loudspeaker kemudian ratakan / rapikan bekas lem pada membran speaker ( ukur dengan spul yang baru agar mudah memasukannya).

          Langkah selanjutnya buka titik solderan anta kawat spul dengan kabel speaker( biasanya kabelnya berbentuk seperti kawat tembaga yang dianyam),

          Oke, setelah semuanya terbuka dan bersih giliran sekarang pasang spulnya  ( jangan terlalu tinggi atau rendah, nanti akan mempengaruhi kualitas suara), berikan lem secara merata antara spul /coil  dengan membran speaker, tunggu sampai lem  kering. Kemudian setelah lem kering solder  kedua ujung spul dengan kabel speaker. jangan lupa tutup  dengan lem pada titik soldera tadi.

         Untuk langkah selanjutnya pengetesan awal  speaker dengan cara menyambung ke peralatan ampli, bila sudah terdengar suara berarti  OKE. Tutup kembali spul . SELESAI.
Mohon maaf apabila ada kekurangan tolong ditambahkan.
                                                  
                                              GAMBAR SPUL DAN LOUDSPEAKER


                                                  

Jumat, 06 April 2012

TV MERK CHINA GAMBAR HILANG ( HANYA LAYAR BERWARNA BIRU)

     Kemarin saya mendapat servisan TV merk cina BOMBASOUND seri 21N5XE. TV tersebut di bawa ke bengkel saya dengan kondisi GAMBAR HILANG dan SUARA HILANG. pertama saya buka casing tv tersebut, kemudian saya bersihkan casis mesin dan juga casingnya.
     Setelah bersih-bersih selesai langsung saja saya cek mesin, saya temukan banyak elco dengan kondisi rusak (elco kembung dan sebagian kaki elco pada karatan dan putus). Kemudian langsung saya ganti semua elco yang rusak tersebut, setelah penggantian selesai TV saya coba nyalakan, ternyata setelah saya amati MASIH  TETAP ndak ada gambar. pengecekan saya lanjutkan lagi  dengan ambil  MULTI TESTER, saya cek tegangan power suplay, tegangan ke IC LA 76810A, TUNER, semuanya normal. Kemudian tanpa pikir panjang langsung saja saya    ganti  coil 6019 ( posisi dekat IC LA 76810).setelah penggantian selesai TV saya nyalakan, GAMBARNYA NONGOL, alhamdulilah puji syukur saya panjatkan, akhirnya jadi juga.
     Cukup sekian dulu untuk posting kali ini, SUKSES......!

                                                           INI BOS GAMBAR TVnya



Catatan : untuk kerusakan semacam ini juga bukan hanya kerusakan pada coilnya AFTnya saja. saya juga pernah mengalami kasus serupa yaitu TV tidak bisa menangkap siaran dikarenakan Pin AGC pada tuner tidak kebagian tegangan 5 volt dikarenakan R201 rusak. (kasus ini terjadi pada mainboard tv china ber IC tunggal) 

Selasa, 03 April 2012

CARA SERVIS SPEAKER AKTIF BERDENGUNG

     Untuk posting kali ini saya akan membahas tentang Cara servis speaker aktif yang mengeluarkan suara DENGUNG. Pertama buka tutup belakang speaker aktif (salah satu box yang ada panelnya), kemudian setelah tutup terbuka  silakan cek:
   1. TRAFO
   2. RANGKAIAN POWER SUPLY
   3. RANGKAIAN POWER MODUL (POWER)
   4. LOUDSPEAKER

    Setelah keempat elemen tersebut saya cek ternyata ada yang nyata kelihatan terbakar dirangkaian  powernya yaitu R 0,47 ohm. untuk langkah selanjutnya ambil MULTI TESTER, kemudian saya tes/ukur Resistor tersebut  ternyata putus-tus.selanjutnya saya tes/ukur Transistor powernya (biasa pakai TIP 31/32, TIP 41/42 ) ternyata juga short alias konslet. untuk langkah selanjutnya ganti semua komponen yang rusak tersebut dengan yang baru
Untuk modul power dengan ic langsung ganti saja ic-nya ( misal tda 2030 )

     Setelah penggantian  komponen selesai  speaker siap di nyalakan. kalau sudah oke semua tutup kembali box  speaker. selesai.
sekian dulu untuk posting kali ini, lain kali disambung lagi. SEMOGA BERMANFAAT.
SUKSES SELALU.......!