Tuesday, April 10, 2012

CARA MENGGANTI SPULL / COIL PADA LOUDSPEAKER

          Untuk posting kali ini saya akan menguraikan bagaimana cara mengganti spul pada speaker. pertama siapkan  peralatan sebagai berikut:
  1. PISAU CUTER
  2. LEM SPEAKER ( bisa lem fox stik atau lem khusus speaker).
  3. SPUL atau COIL PENGGANTI ( sesuakan ukurannya nanti setelah coil terbuka).
          Pertama, posisikan loud speaker dari depan, kemudian buka penutup coil (biasanya berbentuk bulat  atau corong) dengan pisau cuter secara perlahan ( jangan sampai terkena CONUS / MEMBRAN). Setelah penutup terbuka coil akan kelihatan, lepas coil tersebut dengan pisau cuter secara perlahan juga.

          Setelah coil terangkat, bersihkan sisa serpihan lem/kertas dari dalam loudspeaker kemudian ratakan / rapikan bekas lem pada membran speaker ( ukur dengan spul yang baru agar mudah memasukannya).

          Langkah selanjutnya buka titik solderan anta kawat spul dengan kabel speaker( biasanya kabelnya berbentuk seperti kawat tembaga yang dianyam),

          Oke, setelah semuanya terbuka dan bersih giliran sekarang pasang spulnya  ( jangan terlalu tinggi atau rendah, nanti akan mempengaruhi kualitas suara), berikan lem secara merata antara spul /coil  dengan membran speaker, tunggu sampai lem  kering. Kemudian setelah lem kering solder  kedua ujung spul dengan kabel speaker. jangan lupa tutup  dengan lem pada titik soldera tadi.

         Untuk langkah selanjutnya pengetesan awal  speaker dengan cara menyambung ke peralatan ampli, bila sudah terdengar suara berarti  OKE. Tutup kembali spul . SELESAI.
Mohon maaf apabila ada kekurangan tolong ditambahkan.
                                                  
                                              GAMBAR SPUL DAN LOUDSPEAKER


                                                  

23 comments:

  1. Bro, yang saya penasaran gimana nyetel tinggi rendah spullnya, dulu pernah nyoba bunyi tapi gak kaya asalnya.

    Terima Kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lihat posisi gulungan, lihat juga posisi bulatan besi pada tengah spull, posisi gulungan separo diatas bulatan besi dan setengah lagi dibawah garis bulatan besi (pada tengah2 magnet) usahakan jangan sampai gesek/seret (tarik spull ke atas/kebawah untuk cek)

      Delete
  2. shob,,
    "jumlah lilitannya ada perhitungan khusunya gk? atau cukup di kira2 sesuai yg sebelumnya. terimakasih

    ReplyDelete
  3. kalo mau gulung sendiri pastinya ada hitunganya, tapi lebih baik beli jadi saja, banyak dijual ditoko.

    ReplyDelete
  4. gan,,
    aku mau tanya lemnya belinya di mana? pernah pakai castol tp kok kurang bagus,,, dan cara bedain spull untuk speakur full range dan woofer gmn?
    trims mas,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada lem khusus speaker merknya DM, atw bisa juga pakai lem fox stik Pvac, bisa juga pakai lem besi hitam putih dicampur, belinya di toko sparepart electronik. untuk mengganti spull speaker biasanya hanya berdasar diameter spulnya.(sesuai dgn ukuran)

      Delete
  5. kalau saya lihat di speaker acr woofer ataupun fuellrange lilitan spull atas rata dengan bagian besi yang ada di tengah itu, kalau saya biasa pakai lem korea atau alteko lebih cefat kering tapi posisi miring dan ketelitian tinggi, baru pakai lem fox trus speker dibalik posisi magnet diatas biar lem tda mengenai lilitan coil dibawah, mohon dikoreksi jika salah..

    ReplyDelete
  6. sekedar saran mau buka corong spul ma spulx pke tinner lbh mudah

    ReplyDelete
  7. Minta dibantu bang,saya pasang spul woofer hasilnya suara kencang tapi tidak ngebass,spul aslinya tebal diganti tidak tebal tapi merata,ketinggian spul sudah pas,yg kurang dimana bang?
    Fajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda di spulnya gan, spul sub wofer biasa lebih tebal.

      Delete
  8. Jadi di pasang spul sub woofer ya bang?
    Fajar.

    ReplyDelete
  9. Hi! Would you mind if I share your blog with my myspace group?
    There's a lot of people that I think would really enjoy your
    content. Please let me know. Thanks

    Also visit my web blog ... bet angel review

    ReplyDelete
  10. Menurut sy yg mempengaruhi kurangx bassnya karena mungkin posisi lilitanx terlalu di atas dari besi tengahx, jadi alangkah baikx lilitan atasx kasih rata sj dengan besi tengah, tp kalo semakin turun makin sempit yah apa boleh buat kash atas-atas aja..........

    ReplyDelete
  11. Yang mempengaruhi basnya itu krn mungkin posisi lilitanya terlalu di atas dari pada besi tengahya, jadi alangkah baiknya lilitan atasnya di kash rata sj dengan besi tengahnya..........

    ReplyDelete
  12. Everyone loves what you guys are usually up too.
    This type of clever work and exposure! Keep up the excellent works guys I've incorporated you guys to blogroll.


    Also visit my weblog: website

    ReplyDelete
  13. I'm extremely impressed with your writing skills and also
    with the layout on your weblog. Is this a paid theme or did you modify it yourself?

    Anyway keep up the excellent quality writing, it's rare to see
    a nice blog like this one these days.

    My blog AC Repair Moorpark - Moorpark Refrigeration Air Conditioning

    ReplyDelete
  14. Numpang tanya bos...
    ..kalau speaker audax 5" 100 watt,( speaker 2 biji)
    terus rangkaian amplinya berapa watt idealnya..
    dan sekalian power suplainya berapa ampere bos...
    ..biar mantap suaranya....

    ReplyDelete
  15. I blog frequently and I truly thank you for your content.
    This article has really peaked my interest. I am going to take
    a note of your blog and keep checking for new
    details about once per week. I subscribed to your RSS feed too.



    Here is my weblog; smog check - auto repair online oxnard

    ReplyDelete
  16. salam kenal dari kami, info yang sangat bermanfaat ,mau tau lebih banyak silahkan kunjungi
    TOA Jogja,
    TOA Jogja
    Sirine, dan
    Batu Permata

    ReplyDelete
  17. Hello, I check your new stuff regularly.
    Your story-telling style is awesome, keep it up!

    Stop by my blog - AC Repair Thousand Oaks - Heating Oxnard

    ReplyDelete
  18. Hi! I know this is kinda off topic however , I'd figured I'd ask.
    Would you be interested in trading links or maybe guest writing a blog article or
    vice-versa? My site covers a lot of the same topics as
    yours and I feel we could greatly benefit from each other.
    If you might be interested feel free to send me an e-mail.
    I look forward to hearing from you! Terrific blog
    by the way!

    my web-site: Paramotor hang gliding - Paramotor Expert

    ReplyDelete
  19. gmna cara ganti daun nya bos ,bisa bkin sndri ga daun nya?

    ReplyDelete