Selasa, 10 April 2012

CARA MENGGANTI SPULL / COIL PADA LOUDSPEAKER

          Untuk posting kali ini saya akan menguraikan bagaimana cara mengganti spul pada speaker. pertama siapkan  peralatan sebagai berikut:
  1. PISAU CUTER
  2. LEM SPEAKER ( bisa lem fox stik atau lem khusus speaker).
  3. SPUL atau COIL PENGGANTI ( sesuakan ukurannya nanti setelah coil terbuka).
          Pertama, posisikan loud speaker dari depan, kemudian buka penutup coil (biasanya berbentuk bulat  atau corong) dengan pisau cuter secara perlahan ( jangan sampai terkena CONUS / MEMBRAN). Setelah penutup terbuka coil akan kelihatan, lepas coil tersebut dengan pisau cuter secara perlahan juga.

          Setelah coil terangkat, bersihkan sisa serpihan lem/kertas dari dalam loudspeaker kemudian ratakan / rapikan bekas lem pada membran speaker ( ukur dengan spul yang baru agar mudah memasukannya).

          Langkah selanjutnya buka titik solderan anta kawat spul dengan kabel speaker( biasanya kabelnya berbentuk seperti kawat tembaga yang dianyam),

          Oke, setelah semuanya terbuka dan bersih giliran sekarang pasang spulnya  ( jangan terlalu tinggi atau rendah, nanti akan mempengaruhi kualitas suara), berikan lem secara merata antara spul /coil  dengan membran speaker, tunggu sampai lem  kering. Kemudian setelah lem kering solder  kedua ujung spul dengan kabel speaker. jangan lupa tutup  dengan lem pada titik soldera tadi.

         Untuk langkah selanjutnya pengetesan awal  speaker dengan cara menyambung ke peralatan ampli, bila sudah terdengar suara berarti  OKE. Tutup kembali spul . SELESAI.
Mohon maaf apabila ada kekurangan tolong ditambahkan.
                                                  
                                              GAMBAR SPUL DAN LOUDSPEAKER


                                                  

14 komentar:

  1. Bro, yang saya penasaran gimana nyetel tinggi rendah spullnya, dulu pernah nyoba bunyi tapi gak kaya asalnya.

    Terima Kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. lihat posisi gulungan, lihat juga posisi bulatan besi pada tengah spull, posisi gulungan separo diatas bulatan besi dan setengah lagi dibawah garis bulatan besi (pada tengah2 magnet) usahakan jangan sampai gesek/seret (tarik spull ke atas/kebawah untuk cek)

      Hapus
  2. shob,,
    "jumlah lilitannya ada perhitungan khusunya gk? atau cukup di kira2 sesuai yg sebelumnya. terimakasih

    BalasHapus
  3. kalo mau gulung sendiri pastinya ada hitunganya, tapi lebih baik beli jadi saja, banyak dijual ditoko.

    BalasHapus
  4. gan,,
    aku mau tanya lemnya belinya di mana? pernah pakai castol tp kok kurang bagus,,, dan cara bedain spull untuk speakur full range dan woofer gmn?
    trims mas,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada lem khusus speaker merknya DM, atw bisa juga pakai lem fox stik Pvac, bisa juga pakai lem besi hitam putih dicampur, belinya di toko sparepart electronik. untuk mengganti spull speaker biasanya hanya berdasar diameter spulnya.(sesuai dgn ukuran)

      Hapus
  5. kalau saya lihat di speaker acr woofer ataupun fuellrange lilitan spull atas rata dengan bagian besi yang ada di tengah itu, kalau saya biasa pakai lem korea atau alteko lebih cefat kering tapi posisi miring dan ketelitian tinggi, baru pakai lem fox trus speker dibalik posisi magnet diatas biar lem tda mengenai lilitan coil dibawah, mohon dikoreksi jika salah..

    BalasHapus
  6. sekedar saran mau buka corong spul ma spulx pke tinner lbh mudah

    BalasHapus
  7. Minta dibantu bang,saya pasang spul woofer hasilnya suara kencang tapi tidak ngebass,spul aslinya tebal diganti tidak tebal tapi merata,ketinggian spul sudah pas,yg kurang dimana bang?
    Fajar

    BalasHapus
    Balasan
    1. beda di spulnya gan, spul sub wofer biasa lebih tebal.

      Hapus
  8. Jadi di pasang spul sub woofer ya bang?
    Fajar.

    BalasHapus
  9. Menurut sy yg mempengaruhi kurangx bassnya karena mungkin posisi lilitanx terlalu di atas dari besi tengahx, jadi alangkah baikx lilitan atasx kasih rata sj dengan besi tengah, tp kalo semakin turun makin sempit yah apa boleh buat kash atas-atas aja..........

    BalasHapus
  10. Yang mempengaruhi basnya itu krn mungkin posisi lilitanya terlalu di atas dari pada besi tengahya, jadi alangkah baiknya lilitan atasnya di kash rata sj dengan besi tengahnya..........

    BalasHapus