Friday, July 8, 2016

CARA MEMBUAT DUDUKAN SERTA PEMASANGAN KIT ELEKTRONIK

Selamat siang sahabat Jm Electro, kali ini kami akan mengulas tentang bagaimana kita memasang kit PCB dalam box Amplifier, ataupun media lainya dalam kaitanya pemasangan kit Pcb, dalam hal akan kita bahas mengenai pemasangan kit dalam perakitan Amplifier

Pemasangan PCB pada box akan sangat berpengaruh pada kualitas rakitan yang dihasilkan, misalnya kalo tidak dirancang layoutnya dulu maka yang akan di hasilkan adalah rakitan yang berantakan.

Secara tehnik pemasangan dudukan pcb ini sebenarnya tidak sulit dan dibilang sangat mudah,ada beberapa yang sering saya lakukan sebelum memasang sebuah kit pada boknya.
  • Menentukan tataletak / layout, tentukan dulu dimana kit akan kita pasang.
  • Tandai titik-titik mana yang akan kita buat lubang dudukan baut.
  • Menyiapkan alat-alat yang dibutuhkan .
Buat penghoby utak atik elektronik, tentu pekerjaan seperti ini sangat menggairahkan, dan akan dikerjakan dengan senang hati, dan baiklah akan kita bahas langkah-langkah tersebut diatas.

Menentukan tataletak / layout
Layout ataupun tataletak namanya menjadi sangat penting dalam merakit sebuah misalnya amplifier, mengapa penting?, karena dengan menentukan letak kit terlebih dahulu kita dapat merancang dan menentukan seperti apa nanti hasil dari rakitan kita, bisa rapi ataupun sangat berantakan, sebagai contoh, kita akan memasang sebuah kit high power amplifier (misal Apex H 900 tef), kit power ini sangat besar dan memakan tempat, sehingga harus kita tempatkan di paling pinggir kiri kanan, biasanya dibagian pinggir box juga tedapat lubang kipas angin yang berfungsi untuk kesetabilan panas pada rangkaian Power amplifier.
sebagai ilustrasi bagaimana untuk memasang kit seperti gambar di bawah ini? fikirkan ?






 Tandai titik-titik mana yang akan di buat lubang untuk baut.
Ini merupakan langkah kedua sebagai langkah yang sangat penting dalam memasang sebuah kit, apa yang kita lakukan pada langkah kedua ini? sebagai contoh kita akan memasang kit seperti gambar diatas :

  •  Pada kit yang akan kita pasang, tentukan titik yang akan kita buat lubang baut, misalnya dibagian bawah sirip heatsink misal 4 titik, tandai pakai spidol.
  •  Pada box yang akan dipasang kit, sebelum menentukan titik mana yang akan ditandai, sesuaikan dulu ukuran pada kit dengan bagian dasar boxnya, harus pas dengan titik lubang pada heatsink tadi.
sudah siap semua titik-titik yang kita tandai dengan spidol tadi, catatan harus pas antara box sama kit, kemudian kita siapkan langkah berikutnya

 Menyiapkan alat-alat yang dibutuhkan 
Untuk alat-alat yang dibutuhkan, mungkin rekan-rekan sudah paham,  juga akan saya sebutkan :
  1. Mesin Bor (untuk membuat lubang), mata bor 3mm, atau 4mm
  2. Baut dan Mur ukuran 3mm atau 4mm
  3. Spidol warna hitam/merah  
  4. Penggaris
  5. dan lainnya
Demikian sedikit hal yang saya ketahui dalam menentukan dimana sebuah kit akan dipasang, mudah mudahan bermanfaat buat rekan rekan semua.

  1.  Bagaimana memasang sebuah protektor speaker
  2. Membuat bass mendentam

No comments:

Post a Comment