Thursday, June 28, 2012

TV SHARP JADUL

Senang rasanya bisa posting lagi hari ini, untuk kali ini saya akan menulis pengalaman menServis TV SHARP model lama, dengan keluhan dari yang empunya , TV mati.


Tv ini menggunakan IC program IX 1704CEN1, IC Kroma  TDA 8362 dan IC VERTICAL IX0640C. Sebenarnya TV ini tidak mati total, pada saat TV dinyalakan lampu indikator berwarna merah kemudian berubah menjadi hijau dan heater / filamen di tabung CRT pun kelihatan menyala. Kemudian saya coba putar VR screen di FBT searah jarum jam dan saya perhatikan layar crt terlihat garis mendatar di tengah-tengah layar. kemudian saya coba pasang antena dan saya perhatikan garis mendatar di layar CRT tersebut, ternyata setelah di pasang antena tersebut, tingkat kecerahannya berubah, jadi lebih terang garisnya.

Dengan pertimbangan kejadian tersebut diatas maka analisa saya adalah TV ini blok vertikalnya tidak bekerja dengan baik, alias mati. akan tetapi sebelum memutuskan untuk penggantian komponen terlebih dulu saya lakukan pengukuran secara detail.

Pengukuran dimulai dari Tegangan B+ 125v, 12v dari power suplay, kemudian tegangan output FBT  tegangan Video 180v, tegangan untuk vertikal terukur 27 v, tegangan untuk heater juga ada, kemudian saya ukur juga tegangan output vertikal yang menuju koil defleksi vertikal, nah disini tegangan terukur cuma kurang dari 5v seharusnya  +/- 12 volt, selanjutnya tegangan yang ke pin 10 IC TDA 8362 disini tegangan terukur 8 volt.

untuk selanjutnya saya fokus mencari penyebab mengapa tegangan output vertikal tidak keluar dengan normal, dan setelah susah payah, cek satu per satu di blok vertikal akhirnya di temukan D507 (IN 4005) terukur putus, sehingga suplay arus yang ke pin 3 IC vertical terputus juga.

                                                                                                                  
  Setelah penggantian diode IN 4005 tersebut kemudian saya perhatikan layar crt, dan setelah beberapa detik akhirnya muncul raster, tetapi tidak ada gambarnya dengan kata lain tidak nangkep siaran. Untuk langkah selanjutnya saya coba lakukan auto search, dan akhirnya gambar pada nongol satu persatu.

untuk memastikan gambar / siaran tersimpan, saya cek di setiap canel program ternyata semua siaran TV masuk .  


Demikian untuk posting kali ini semoga dapat di manfaatkan untuk semua rekan-rekan pembaca.                                                                                                                                                                

3 comments:

  1. mas, saya ada tv ky gini. Cuma rusakny gambarny kurang terang, n tr horizontal panas. Fbt dah diganti tp tetep aja masih kurang terang. Kira2 rusakny apa ya mas?

    ReplyDelete
  2. mas tv sharp jadul tegangannya besar 200vol ama diodaR2mnya jebolsolusinya

    ReplyDelete
  3. Sy jg ada mslh dgn tv jadul sprti ini,tpi mslhnya d osd yang ga ada,kdng muncul tpi gerak2 atas bawah,kadng sma skali ga ada,mugkin ini v sink brmasalah soalnya afc dr fbt sdh ada tegangan 10v,bagaimana cara memperbaikinya?

    ReplyDelete