Monday, March 26, 2012

CARA MEMBUAT ADAPTOR 12 VOLT

 CARA MEMBUAT ADAPTOR 12 VOLT SEDERHANA
 
Yang terbayang pertama kali ketika mendengar kata 12 volt, biasanya adalah accu ataupun batery, 12 volt adalah voltase DC / searah yang didapat dari sumber catu daya seperti batery, selain dari batery , kita juga bisa dapat dari listri rumah tangga.

Seperti yang kita ketahui, listrik PLN kita bertegangan 220 volt AC / arus bolak balik, dan gak mungkin pula kita langsung pakai tegangan 220v Ac ke perangkat yang hanya butuh 12 volt DC, maka dari itu kita butuh alat penyesuai tegangan yang lazim disebut Adaptor


Adaptor 12 volt banyak tersedia ditoko-toko elekronik, apabila kita mau membuatnya juga bisa, berikut persiapan membuat adaptor 12 v olt.
Pertama siapkan bahan-bahan sbb:
1. Trafo 1 ampere ct 12 volt
2. Dioda 1 amp 2 biji
3. Elco ukuran 2200 mf 25 volt
4. Kabel + steker (untuk colokan ke listrik 220 volt).

Untuk proses pembuatannya sendiri sangat mudah, pertama siapkan trafo dan kabel, kemudian solder ujung kabel ac yang telah dikupas ke input trafo 0v dan 220v. Yang kedua siapkan dioda 1amp lalu solder satukan katoda plusnya, kemudian solder kedua ujung dioda ( - ) ke trafo 12v. Yang ketiga siapkan elco 2200 mf 25 v, kemudian solder polaritas (-) ke CT trafo dan polaritas (+) nya ke ujung dioda yang disatukan tadi. Untuk output 12voltnya siapkan kabel warna merah&hitam, kupas ujungnya lalu solder ke ct trafo untuk kabel warna hitam, kemudian solder ujung kabel warna merah ke kaki elco +.

sebelum kita memakainya, perlu kita test apakah adaptor kita sudah benar-benar layak dan sesua ukuran, atau tidak, caranya (yang paling gampang pakai tester digital agar mudah terbaca angkanya) pasang pada sekala volt Dc, letakan probe merah untuk +(plus), dan probe hitam  untuk -(minus).

Oke bos, selamat mencoba dan smoga bermanfaat.

11 comments:

  1. pak say mau tanya,,,kalau mengecilkan strum dari acu ke lampu kecil2 yang warnah putih yang di gunakan senter itu bagaimana caranya????

    ReplyDelete
  2. kalo untuk membuat kipas bisa berputar lambat gimana caranya ya?
    maturnuwun sebelunya

    ReplyDelete
  3. bagai mana membuat kipas bisa pelan perputaranya ?
    suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. kipas apa gan?? AC ato DC?? klo DC 12v pake aja "power control DC motor 12v" :-)

      Delete
  4. itu keluarnya berapa ampere mas? saya pengen punya adaptor 12V 40-50Amp (yang setara untuk aki mobil) buat hidupin audio mobil di rumah.

    ReplyDelete
  5. itu berapa empere mas ? saya butuh satu ampere?

    ReplyDelete
  6. mohon pencerahannya saya punya adaptor 12volt 3a .kenapa ya kalo dikasih beban voltasenya menurun.mohn infonya apa yg perlu diganti.afit_zain@yahoo.com

    ReplyDelete
  7. saya beli adaptor yg ukurannya 3volt-12volt, tapi saya putar" ukuran voltnya cahaya lampu tidak ada perubahan terang redup nya, knapa ya mas?
    dimaszadu@gmail.com

    ReplyDelete