Tuesday, February 17, 2015

CARA MEMPERBAIKI TOMBOL PADA TV YANG NGACAK DAN KACAU

Tetap semangat sahabat Jm Electro, semangat untuk berbagi, agar ilmu yang kita dapat berguna bagi orang lain.

Kali ini kami akan share tentang sedikit gangguan yang sepele, akan tetapi sangat menggangu. contoh, ketika pesawat Televisi kita remote kontrolnya rusak, sedangkan kita mau menikmati acara-acara Tv kesayangan kita, maka kita mau tidak mau akan menggunakan tombol di panel pesawat TV kita.



Lebih kesal lagi, ketika kita mau pindah chanel dan kita tekan tombol P+, eee...malah yang tampil layar kok volumenya bertambah besar, alih-alih kita mau kecilkan volumenya, eee...malah volume bertambah lagi / tambah semakin besar, dan akhirnya karena merasa tidak nyaman TV pun dimatikan, gak jadi nonton Tv.

Kerusakan semacam ini sebenarnya termasuk kerusakan ringan dan sangat mudah diperbaiki, (sebenarnya tidak usah diperbaiki pun tidak apa-apa asalkan remotnya ada), bila mengalami hal seperti ini, kerusakan sudah dipastikan ada pada tombol panel.



 Silahkan langsung diganti saja tombol seperti pada gambar di atas.

Kasus lainnya : TV Toshiba Bomba, chanel berpindah-pindah secara acak chanel-av-menu, kerusakan ini mirip kerusakan tombol aus seperti kasus diatas, akan tetapi setelah tombolnya diganti masih tetap eror, kerusakannya dimana?. Penelusuran dan pengukuran tegangan pada pin key in pada IC prosesor tunggal 8891cpng, tegangan terukur drop, penyebabnya kapasitor keramik 1 nf koslet, solusinya silahkan ganti kapasitor tersebut.


semoga bermanfaat, salam dari Jm electro.

Mungkin anda tertarik : Cara membuat adaptor 12 volt

No comments:

Post a Comment