Tuesday, May 7, 2013

Amplifier TOA suara Krepek-krepek

Anda tahu tentang amplifier merk TOA, tentunya tidak asing lagi bagi telinga kita, amplifier jenis ini biasa dipasang di masjid ataupun mushola ( terutama di indonesia ), Amplifier jenis ini menggunakan penguat trafo IT ( input ), Transistor dan juga Trafo Output.

Beberapa waktu yang lalu saya memperbaiki sebuah ampli merk Toa model ZA-1025 dengan gejala kerusakan suaranya krepek-krepek, atau dengan kata lain Parau , tidak bening.


Pertama kita cek tegangan power supply, disitu terukur 12 volt, pemeriksaan pada semua transistor ternyata TR terukur bagus semua.
untuk sesaat perhatian saya tertuju pada sebuah trimpot, dan disalah satu kaki trimpot tsb ada sebuah diode bening, dan seelah saya ukur ternyata diode tersebut shot/rusak.







Gambar diatas merupakan mainbord TOA Amplifier model ZA 1025, untuk gambar yang dilingkari adalah letak diode bening, kemudian diode tersebut saya ganti dengan IN 4148.

Setelah penggantian selesai dilakukan, ampli normal kembali.
semoga bermanfaat.


30 comments:

  1. mas numpang tanya, saya punya ampli toa yg itu, dan ic tosiba soak, tapi nyari d pasaran susah bngt, ic tosiba bs d ganti dgn m0del / tipe apa yah?
    Sebelum'y saya ucpkan trimakash.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok makash kang, ntar cb cri, he he he

      Delete
    2. untuk sparepart toa memang sulit didapat di toko2 elektronik.. coba beli di di suplier toa di kota2 besar jakarta, bandung, jogja, semarang, surabaya, dll

      Delete
  2. Izin bertanya bang,saya ingin tahu dioda bening itu nama lainnya apa bang?.Dan kenapa bisa dipasang dioda zener 4148?
    Terima kasih.
    Fajar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. diode bening polos bisa di ganti dgn in4148, kalo dioda zener biasanya nilainya tertulis di body diode tsb, misal 5,1 (berarti diode zener 5,1 volt)

      Delete
  3. Terima kasih bang penjelasannya.
    Fajar.

    ReplyDelete
  4. Bang,kalau pcb bolong2 nyambunginnya pakai apa bang?
    Fajar

    ReplyDelete
  5. NUHUN ILMUNYA KANG ..

    ReplyDelete
  6. Mas kalau Tr D733 pada ampli Toa 180 watt model lama bisa diganti pake seri berapa ya.. trims

    ReplyDelete
  7. Terimakasih Om pencerahannya pas banget saya lagi bongkar amplifier masjid yg rusaknya krepek2, semoga kebaikan dan ilmu yg diberikan Allah membalas berlipat ganda, Aaminn.

    ReplyDelete
  8. Terimakasih atas pencerahannya kebetulan saya sedang service amplifier masjid, semoga kebaikan dan ilmu yg telah di sharing Allah SWT yg akan membalas dengan pahala yg berlipat ganda, Aaminn

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah sdh jadi ampli masjid yg tadinya suaranya krepek2 TOA type ZA 1061, share aja setelah sy ceck komponen aktif ok semua cuma ic 45580 JRC pre amp kami tida bisa ngecek tapi setelah diganti langsung suara oce

    tks smg bermanfaat.

    ReplyDelete
  10. Om,mau tanya ?... Dimasjid kami pake ampli ZA-1025 juga,Nah kalau dipake ada suara dengung di speaker coloumb / Horn,jika pake ampli lain speaker/horn tidak dengung "Bagus",berarti masalah ada pada amplinya,apa kira-kira kerusakannya sebab kami bukan teknisi,Terima Kasih Om

    ReplyDelete
  11. @mz antonim: dengung di columnn itu penyebabnya adalah feedback(suara dari speaker masuk ke microphone yg digunakan dan diolah kembali amplifier).ini terjadi karena speaker column dan microphone terletak suatu tempat/ruangan secara bersamaan. tips cara mencegah feedback adalah di amplifier toa model baru seri2000 ada volume mic/input, dan volume master... nah, untuk volume mic cukup seperempat knob/potensio, dan silahkan perbesar suara volume master sesuai kebutuhan.. semoga bermanfaat..

    ReplyDelete
  12. Terimakasih atas info service TOAnya. Kami dari TOA mendoakan semoga sukses usahanya.

    ReplyDelete
  13. saya punya keluhan pada amplifier TOA ZA-2120.
    suaranya jernih tapi kecil. ketika volumenya dibesarin malah mendengung, trus arus listriknya drop. sudah coba ganti transistor thosiba. cuman gak ada perubahan. mohon masukanya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. pada saat on, coba cek tegangan powersuply dengan dan tanpa beban, cek semua transistor penguat

      Delete
  14. Permisi om.....
    Saya sedang memperbaiki Power ampli merk TOA dengan seri PA Amplifier ZA2120..
    Masalah yang saya hadapi adalah power ini terdapat 4 buah fuse (sekering), beberapa hari kemarin salah satu sekeringnya putus, sdh saya ganti, putus lagi putus lagi,
    sekering tersebut terletak di sebelah ELCO 50V 10000 uf, berbentuk kotak bertuliskan 15, dan terhubung ke trafo OT pada pin CT kabel warna hitam..

    Mohon bantuan agan agan soal masalah saya ini...
    Terima kasih dan salam reformasi...000

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cabut tr power, lalu nyalakan tanpa ada tr power, bila skring tidak putus berarti tr power koslet,

      Delete
    2. Misi om hampir mirip keluhan agan diatas ane lg coba benerin ampli toa type ZA2120 gejalanya skring dkt elco mati/putus setelah ane ganti ane nyalain mlh tr C5198 langsung pecah ..ane bingung dmn msalahnya mohin info&bantuanya trimksh..

      Delete
  15. Permisi om ane lg benerin ampli toazA2120 mslhnya pertama skring yg dkt elco 15A putus setelah ane ganti ane nyalain malah tr C5198 nya pecah ..nah itu masalahnya dmn ..
    Mksh ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya ada transistor yang koslet, coba cek semua transistor, terutama tr PA

      Delete
  16. punten om,,saya pasang speaker toa corong klo pakai maching suaranya jadi ngga jernih trus mendem,tp klo ngga pki maching suaranya jerni,mohon bantuanya,makasih om.

    ReplyDelete
  17. gan kalau control volumenya tidak berfungsi alias tidak ada suaranya itu rusaknya di bagian mana.dan memasangnya apa harus ada alat lain atau ampli dan sound itu udah cukup di gunakan

    ReplyDelete
  18. Bang saya mau nanya ampli corong merk eco musolla saya suaranya kok gak bisa jerni apanya.

    ReplyDelete
  19. Terima kasih untuk informasi agan agan semua,semoga menjadi berkah bagi semua

    ReplyDelete
  20. Bang saya mau nanya, ampli toa saya tipe 1025 ic C5198 ko panas banget, to kl kabel trafo output yang nyambung k'ic tsbt dilepas ko tidak pnas, kr2 trafo ap ic'a y? Kl trafo d'ganti DG hambatan y lbh besar gmn?

    ReplyDelete
  21. Mau nanya om,toa z-1025 sekring putus,setelah saya ganti suaranya dengung,apa tr 5198nya mati?

    ReplyDelete
  22. GEBYAR PROMO TERBARU Aman Dan Murah Bebas Resiko,.
    Produk yang Kami Tawarkan Semuanya asli original, Ada Garansi Resmi Distributor.
    dan Semua Produk Kami Baru dan Msh Tersegel dLm BOX_nya.MINAT HUB / SMS 0857-3112-5055.KLIK WEB RESMI KAMI http://alpha-shopelektronik.blogspot.com/
    Ready Stock ! Apple iphone 5 32GB Rp.2.500.000,-
    Ready Stock ! Apple iPhone 5S 32GB Rp.3.000.000,-
    Ready Stock ! Apple iPhone 6 plus 32gb Rp.4.000.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy E5 E500H Putih Rp.1.500.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy E7 E700H Putih Rp. 1.500.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy S5 Rp.2.000.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy S6 32GB Putih Rp.3.300.000
    Ready Stock ! Samsung L9100 Galaxy S2 - Black Rp.900.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Tab 3 7.0-16GB-Putih Rp. 1.300.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Tab 3 8.0-16GB-Putih Rp.1.500.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Note N7000 - Black Rp. 1.500.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Tab 2 (7.0) Rp. 900.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Tab 3 10.1-16GB-Putih Rp.1.500.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Note N7000 - Pink Rp.1.500.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Y S5360 GSM - Pure White Rp.400.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Note Edge 32GB-Hitam Rp. 2.700.000.
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Alpha SM-G850-32GB-Gold Rp. 2.000.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Grand 2-8GB-Putih Rp. 1.200.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Mega 6.3 l9200-16GB-Hitam Rp.1.500.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy A3 SM-A300H Rp.1.500.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy A5 SM-A500F Rp.2.000.000

    ReplyDelete