Kamis, 22 November 2012

TANDA-TANDA KERUSAKAN BAGIAN VERTIKAL PADA TELEVISI

Langsung saja sobat pembaca, Berikut ini adalah tanda-tanda kerusakan pada blok vertikalnya:
  1. Tv bisa menyala suara bagus,gambar bagus akan tetapi di bagian bawah tidak penuh, bagian bawah layar ada warna hitam lebih kurang 1 cm ( pernah saya temui dan terjadi pada Tv merk samsung)
  2. Tv bisa menyala suara bagus gambar juga bagus akan tetapi gambarnya tidak penuh atau menyempit atas bawah ( seperti yang saya tulis pada posting sebelumya)
  3. Pada bagian atas layar ada seperti garis-garis mendatar dan gambar pada bagian atas seperti melipat.
  4. Tv bisa menyala, ada suara akan tetapi layar hanya bergaris mendatar. ada juga lebar garis sekitar 1 cm
  5. Gambar tidak linier, biasanya gambar bagian bawah pendek tetapi pada bagian atas memanjang.
  6. Kadang-kadang Tv mati standby dan terukur tegangan suply vertikal drop dan bahkan tegangan B+ drop juga.
  7. Tv mati standby tetapi kadang bisa menyala, akan tetapi layar menyempit dengan garis melengkung pada tepi atas dan bawahnya.
  8. gambar cuma separo layar bagian bawah.

Cara mengatasinya:
  1. Untuk kerusakan no. 1 s/d 5 bisa dengan menyolder ulang semua titik pada bagian vertikal, jika belum berhasil ganti elco-elconya dan juga resistornya. Kalau semua elco dan resistor sudah diganti tetapi (pada kasus gambar menyempit) coba masuk ke servis mode.
  2. Untuk kerusakan no.6, ganti IC vertikalnya.
  3. Untuk kerusakan no.7,8 cek defleksi yoke, ic osilator vertikal.
Masih banyak lagi kerusakan kerusakan pada blok vertikal, mudah-mudahan bermanfaat.

7 komentar:

  1. Infonya bagus sangat membantu saya yang masih belajar masalh servis TV, oh,,ya kalau saya punya kasus tv sanyo 21" dengan IC jungle LA 76931A awalnya setelah 5menit protek dah di copot jumper j224, tapi tetap saja terjadi protek, pada pin 19 Ic LA 6931A tegangan terukur 4,5volt(seharusnya 9v)sehingga berakibat tv tidak bisa terima siaran tapi di coba pakai vcd gambar muncul walau agak gelap mohon pencerahan, share ilmunya terima kasih..mas..!

    BalasHapus
  2. coba cek tegangan output Pw supply, cek juga tegangan 33v untuk suply VT tuner, cek juga tegangan di semua pin-pin ic la 76931a, jika terjadi kejanggalan kemungkinan ic tsb rusak, akan tetapi periksa elco kecil disekitar ic tsb, mungkin elco kering

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk yang 33volt tidak ada mas yang ada 5volt pada pin 6-7 (PB-MB) dan pin 9 (BT)130volt terukur normal,tapi untuk elco yang kecil-kecil belum semuanya di cek, maklum sempatnya juga kalau libur mas..makasih banyak atas saran juga ilmunya..

      Hapus
  3. tv w goldstar ada suara tpi gk da gmbr. yg rsak pa,y ych sob

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek tegangan heater boss.., teg screen, cek bagian horisontal (sudah bkerja apa blom), biasanya klo semua tegangan oke, leher crt kelihatan nyala, klo itu smua dah nyala, tapi gambar blum nongol, cek juga teg pada ic chroma dan teg video 180v

      Hapus
  4. Kalo tv sanyo gambar cuman dikit ke pinggir doang,kira" apa'y yp rusak ?

    BalasHapus
  5. apakah IC crome pngaruh dngan kerusakan vertical

    BalasHapus