Tuesday, March 3, 2015

BAGAIMANA MEMBUAT SPEAKER AKTIF ATAU AMPLIFIER DENGAN SUARA BASS MENGGELEGAR

Selamat malam sahabat Jm Electro, selamat beraktifitas semoga yang kita kerjakan hari ini dirahmati oleh Tuhan YME. Kali ini kami akan share salah satu pengalaman kami membuat perangkat audio dengan suara bass yang mantap, hentakan bass yang menggelegar, mendentam dan terasa didada.

Memang terkadang kita heran dan bertanya dalam hati, mengapa suara bass tape mobil bisa sampai mendentam dan menggelegar? seperti itulah kira kira yang kami maksud, tapi disini yang akan kami sampaikan yang berkaitan dengan Amplifier atau speaker aktif rakitan untuk audio rumahan.

Ada beberap faktor yang menjadikan sebuah perangkat audio bisa mengeluarkan suara bass yang mantap, diantaranya (ini yang termasuk faktor inti):
  • Pemilihan kit power amplifier dengan karakter bass.
  • Trafo yang cukup untuk mensuply tegangan yang dibutuhkan.
  • Speaker Woofer dengan kualitas yang Bagus beserta box speaker yang bagus pula.
  • Pemilihan Tone control dengan rangkaian Subwoofer.
Sekali lagi kami garis bawahi, 4 faktor yang kami sebutkan diatas merupakan faktor yang berkaitan tidak dapat di pisahkan dan wajib hukumnya apabila kita menginginkan suara bass yang mantab. Beberapa dari rekan-rekan ada yang mengeluhkan setiap merakit sebuah speaker aktif, suara bassnya tidak maximal, sember dan sebagainya. Hal semacam ini mungkin di karenakan dari ketidakjelian kita dalam memilih kit jadi yang kita beli dari toko.

Selanjutnya akan kita bahas satu per satu dari keterangan diatas:

1. Pemilihan kit power amplifier dengan karakter bass.

Biasanya karakter bass kuat berasal dari power yang besar, itu memang benar. contoh apabila kita datang lihat konser musik, kita akan dengarkan musik dengan bass yang sangat menggelegar dan bahkan cenderung bikin rontok dada, hal ini dimungkinkan karena dengan power besar maka akan besar pula tenaga yang dihasilkan.
Akan tetapi untuk kit power yang akan kita gunakan kali ini berkisar 150 watt saja, yaitu kit OCL 150 watt dengan transistor PA jengkolan malaysia MJ2955 /2N 3055. Mengapa kita pilih kit power ini, power ini terbukti hentakan bassnya kuat ( hasil riset kami ), pilih yang pake transistor driver TIP 41/42C , dan menggunakan transistor Penguat akhir transistor jengkolan malaysia. kit ini juga banyak dijual ditoko komponen elektronik dan harga terjangkau.

Berikut contoh gambar skema power OCL 150w.


2.Trafo yang cukup untuk mensuply tegangan yang dibutuhkan.

Trafo merupakan salah satu komponen dari sebuah rangkaian Power supply, trafo juga sangat menentukan arus yang akan dihasilkan dan cukup untuk suply power OCL 150w, untuk merangsum kit power ini (150w) kita butuh daya sebesar 150w, kira kira trafo yang kita butuhkan sekitar 5 Ampere murni (CT), dengan tegangan 25 s/d 30vac.
Komponen pendukung lainya untuk Power supply:
  • Diode 5 atau 10 ampere.
  • Dua buah elco 4700mf 50v, atau yang ukuran lebih besar.
  • Papan PCB powersupply.
3. Speaker Woofer dengan kualitas yang Bagus beserta box speaker yang bagus pula.

Speaker dengan kualitas bagus akan sangat menentukan nada bass yang dihasilkan, maximal power yang besar serta independensi speaker juga besar pengaruhnya. untuk speaker yang cocok untuk mendukung rangkaian ini adalah speaker 10 atau 12 inch, 300watt, independen 4-8 ohm, dengan karakter speaker woffer.

4. Pemilihan Tone control dengan rangkaian Subwoofer.

Tone Control merupakan rangkaian pengatur nada untuk sebuah amplifier atau speaker aktif, disitu ada pengaturan nada tinggi (trible), pengaturan nada rendah (bass). dan pengaturan midle biasanya untuk pengaturan vokal. untuk menambah extra bass kita akan menambah rangkaian filter subwoffer, dalam hal ini kita akan pergunakan rangkaian tonecontrol + subwofer dalam satu kit

untuk cara merakitnya seperti yang sudah dibahas sebelumnya dan bisa di baca disini.dan untuk perakitan speaker aktif bisa disesuakan.

Smoga bermanfaat.





artikel lainya:
  1. Transistor penguat akhir amplifier
  2. Buat Catu daya untuk Amplifier.
  3. Membuat speaker aktif

6 comments:

  1. Om sya baru blajar neh..
    Mau nnya om mingan ...

    ReplyDelete
  2. Thanks gan bisa jadi referensi saya

    ReplyDelete
  3. Mantap....
    Coba kl bisa pesen udah jadinya

    ReplyDelete
  4. Mau nanya gan kalau mau bikin power suplay utk kipas dan kit galaxi bas. Apaan yg di butuhin gan?

    ReplyDelete
  5. Mau nanya gan kalau mau bikin power suplay utk kipas dan kit galaxi bas. Apaan yg di butuhin gan?

    ReplyDelete