Saturday, May 19, 2012

MENGANALISA KERUSAKAN PADA SPEAKER AKTIF

Kerusakan-kerusakan yang sering terjadi pada speaker aktif

Speaker aktif mengeluarkan suara Dengung yang sangat keras.

     Kerusakan seperti ini awalnya ditandai dengan komponen yang terbakar ( speaker mengeluarkan asap dan bau gosong). untuk speaker aktif yang menggunakan modul power IC (misal: IC TDA 2005, TDA 2030 dsb) bila terlihat terbakar ganti saja. untuk speaker aktif yang menggunakan power modul pakai transistor (misal: TIP 31/32, TIP 41/42, TIP 2955/3055 atau bahkan pakai transistor Sanken 2sc 2922 / 2sa 1216), cek trasistor tersebut bila short/konslet ganti saja, ganti juga R 5W 0.47 ohm, bila TR dan R nya terlihat terbakar ganti juga TR BD 139/140. Untuk selanjutnya cek juga Power suplaynya, suara dengung yang keras bisa juga desebabkan dioda yang short dan elco power suplay yang kering.

Speaker aktif suara kecil sebelah

     Sebelum mem-fonis speaker aktif rusak coba cek dulu jalur input audio ( biasanya jek RCA input audio , misal dari DVD PLAYER ) biasanya kabel jek rca putus / rusak sebelah, bila sudah di cek ternyata bagus coba cek soket rca pada panel input speaker aktif bisanya kalau sudah terlalu biasanya kendor, ganti saja soket RCA tersebut. setelah jalur input sudah oke tetapi masih mati sebelah coba ganti juga VR 50-100k ( potensio untuk Volume control), kalau dengan berbagai langkah tersebut telah dilakukan tetapi tak ada hasil giliran cek bagian tone control dan power modulnya.

Untuk mengecek power modulnya sentuh saja dengan jari tangan dibagian inputnya, kalau power masih normal pada saat disentuh akan terdengar bunyi Derung yan keras. coba bandingkan bunyi derungnya antara power R dan L nya, kalau bunyinya seimbang berarti power modul oke.

Speaker aktif mati total dengan lampu indikator LED juga mati

     Untuk sepeaker aktif dengan kasus kerusakan seperti ini berarti suplai arus tegangan tidak masuk sama sekali. pengecekan harus dimulai dari input listik 220 v, pertama cek kabel / steker yang ke listrik 220. kemungkinan kabel putus didalam ataupun steker/colokannya rusak. yang kedua cek sking (kalau ada), yang ketiga cek saklar ON / OFF pada panel speaker aktif tersebut,mungkin rusak. yang ke empat cek trafo mungkin ada kabel ada yang lepas (untuk trafo kemungkinan rusak jarang sekali). dan yang terakhir cek out dari trafo ke power suplay.




Speaker aktif suaranya kadang besar, kadang-kadang kecil 

     Kerusakan seperti ini disebabkan karena sinyal audio kadang masuk kadang tidak, periksa ganti semua potensio pada volume control dan juga pada Bass / Trible control.

Speaker aktif  suranya tidak jernih / krepek-krepek.

Pertama cek loudspeakernya biasanya loudspeaker yang mau rusak bunyinya tidak normal, kalau loudspeaker oke cek power modulnya seperti tersebut diatas.

Speaker aktif  tidak ada bass

Coba periksa di bagian tone control ganti potensio pengatur bassnya, periksa juga speaker wofernya kemungkinan juga mati.

Speaker aktif tidak ada Tribel

Sama seperti halnya dengan tidak ada bassnya, periksa bagian tone control ganti potensio pengatur tribelnya, periksa juga tuiternya mungkin juga mati.

Speaker aktif tidak ada suara

kerusakan seperti ini biasanya sinyal audio tidak masuk sama sekali, yang harus di periksa adalah jack kabel input, socket input audio, dan potensio pengatur volume.

     Masih banyak kerusakan kerusakan pada sepeaker aktif, mungkin lain waktu akan saya tambahkan, smoga bermanfaat.

322 comments:

  1. mas speaker saya suka mati sebelah
    dan akhir-akhir ini badan belakangnya panas sekali,baut2nya jadi panas

    kata teman saya itu sudah konslet
    solusinya gimana yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih telah mampir ke blog saya. begini gan, coba bongkar saja speaker aktifnya dan cek powernya ada komponen yang kelihatan gosong nggak? untuk panas di belakang boknya kira2 panas sekali atw normal, klo panas sekali berarti memang powernya jebol.

      Delete
    2. permisi mas sya mau tanya..sya punya amplifier kid 150 watt
      sebelum sa beri kipas( blower)Ic nya sreing jebol<<< nah yang sya tanyakn stlh sya kasih kipas (blower) megapa suara kipasx masuk di speaker, ap ad yng slah dengan rangkain power suplynya mz??? gmn solusinya mz

      Delete
    3. Kemungkinan besar power supaly kelebihan beban, coba dibuatkan power suplay tersendiri

      Delete
  2. Saya sudah ganti semua TDA 2030 3pcs, masih tetap. yang L suaranya kecil banget.

    Apa ada kemungkinan komponen lain bermasalah?kira2 komponen apa yang lebih rentan rusak.

    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek bagian inputnya (kabel RCA,soket input, potensio vol control, penguat tone controlnya. cek juga speker L nya, untuk mengecek powernya saja coba sentuh pada bagian input power dengan ujung jari, bila pas disentuh terdengar bunyi derung yang keras berarti oke.Untuk komponen yang rentan rusak potensio,ic dan tr power.

      Delete
    2. Bagian input sudah di cek normal, kabel RCA bagus, output bagus, tidak pakai potensio karena menggunakan swicth(digital). Dulu kalau saya pencet switch volume di depan tidak ada efek "dung"..sekarang ada efek "dung". apa Switch depan yang masalah?tapi kalau saya cabut kabel fleksibel ke depan, suara R ok. yang L tetap mendem kecil banget..

      Makasih banyak sudah merespon pertanyaan saya..

      Delete
  3. mas, speaker saya 2.0 channel ampli di dalem box sebelah kanan, yg kiri dpt power dari ampli kanan...pertanyaannya
    - speaker sebelah kiri pada awal power dihidupkan kadang bunyi kresek2 panjang, potensio volume saya kecilin, kreseknya jg ikut kecil...
    tapi setelah beberapa saat sekitar 10 detik, kreseknya ilang trus normal...ini apanya yah?
    kadang dihidupin pertama jg bunyi "gressekk" :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek elconya kemungkinan ada yang kering, cek potensionya

      Delete
    2. mas ..tda2030 biar stereo gmn?

      Delete
  4. kemungkinan besar ic nya rusak sebelah,coba di ganti

    ReplyDelete
  5. mas, transistor di amplifier saya itu kok tiba" sangat panas, sebelumnya saya melakukan pengukuran tapi timbul percikan api krna hub singkat antara kaki transistor. stelah saya copot dari pcb, saya ukur masih dalam keadaan baik, nah sya minta solusi, komponen apakah yang sebenarnya rusak dari ampli saya.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tr power cepat panas biasanya jalur output ada yang short atau konslet ataupun beban yang berat, coba cek speakernya, kabel speaker dan semua komponen yang ada di jalur output. kalau ampli dinyalakan tanpa speaker power tidak panas berarti power tdk apa2, kalau panas coba cek tr drivernya, diode, mungkin antara tr power + heatsinknya konslet.

      Delete
  6. Mas ampli di rumah saya kalo sudah 5 menit di putar, suaranya langsung kresek nggak jelas, itu apanya yang masalah yah ? Trus solusinya apa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih gan atas kunjungannya, untuk amplinya coba cek switch dan tombolnya, semprot dengan contact clener atau sejenisnya pada potensio dan switch tsb, cek juga elco power suplainya mungkin kering (ganti bila perlu) terakhir cek powernya mungkin ada solderan retak atau tr yang mau rusak.

      Delete
  7. mas, speaker saya barusan ane service nih tapi kok chanel nya kegedean sebelah, speaker kiri dengan chanel L normal , tapi speaker kanan dengan chanel R kecampur sama chanel L (jadi mono?), jadi speaker kanan volume nya lebih besar (hasil chanel test pake driver realtek, kira2 apa ya penyebabnya?? dlu pas di service diganti potensio nya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dicek lagi, kemungkinan pemasangan potensionya tidak pas di CT nya, coba balik juga input audionya ( r jadi l, l dibalik jd r) kalau dibolak balik inputnya tetap sama, cek juga pada jalur potensio vol nya mungkin ada titik solder yang gandeng. kalau boleh tau jenis spekernya apa gan?

      Delete
    2. thaks infonya, speaker 2.0 jadul punya bapak ane mereknya stardom klo ga salah,besok ane coba oprek dlu

      Delete
  8. mohon bantuannya mas
    speaker saya bassnya kadang hilang, tetapi apabila powernya di matikan lalu dinyalakan bass nya ada lagi. namun gak berapa lama bassnya hilang.
    kira2 bagiannya apa yah??
    speaker simbada cst 6000n.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kerusakan tsb bisa disebabkan karena salah satu komponen kadang bekerja kadang tidak coba solder ulang dulu di semua titik solderan yang rentan panas, ganti juga VR untuk volume bassnya

      Delete
  9. Mas, speaker saya sudah dalam posisi volume nol tapi masih ada suara "sssssshh" gitu, mohon bantuannya, terima kasih

    ReplyDelete
  10. makasih atas kunjunganya, suara ngesessssh dinamakan noise, itu tidak apa-apa yang penting pada saat posisi volume nol, suara dari input audio tidak bocor, solusi kurangi treble atau on-kan tombol filter

    ReplyDelete
  11. mohon bantuannya.
    speaker saya sb 5200 dari kreative subwoofernya suaranya kecil padahal ic powernya normal mohon infonya tks.

    ReplyDelete
  12. kalo powernya normal, periksa vol untuk subwofernya mungkin potensio rusak, atau rangkaian penguat sebelum power (pre amplifier) bermasalah

    ReplyDelete
  13. Pa saya mau tanya kalo receiver infrared nya di speaker aktif yg rusak gimana cara betulkannya ? (Kalo remotenya masih hidup)

    ReplyDelete
  14. Diganti saja sensor Infra red-nya dengan komponen yang sama

    ReplyDelete
  15. Pa mau tanya bagaimana cara mentest infrared hidup atau mati ? Apakah infrared di remote sama dengan yg di speaker aktif ? Mohon bantuan nya trims.

    ReplyDelete
  16. cara test sensor remot, ambil kamera ponsel dan nyalakan, sensor ir pada remot arahkan ke kamera ponsel kemudian tekan2 remot sambil dilihat layar ponsel, apabila terlihat menyala saat ditekan berarti oke. atau pada saat komponen tsb dicabut dari pcb kemudian ambil tester pada skala Ohm, (untuk jenis sensor infrared baik di remot maupun dispeaker adalah sama)

    ReplyDelete
  17. pa mau nnya speaker yang satu suara basnya pecah mohon pencerahannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. suara bass yang pecah bisa disebabkan karena poweramplinya rusak dan kemungkinan karena speakernya rusak, solusi bongkar speaker aktif kemudian solder ulang disemua titik yang rentan panas pada mesin speaker tsb. cek juga speaker tadi dengan menyambungkan ke perangkat lain untuk perbandingan. tanks atas kunjungannya.

      Delete
  18. suara radio kecil volume sudah di besarkan tetap kecil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanks atas kunjunganya, suara yang kecil biasanya dikarenakan antara input penguat ampli tidak full menerima sinyal audio dari output radio, solusinya bos, coba ganti potensio utk volume, ganti vr equaliser/tonecontrol (klo ada).

      Delete
  19. mas slm kenal power saya 400watt tdnya suara bssya keuar bagus setelah dipasang ampli 150 watt kaya pecah,,terus sya ganti lg dengan power 400watt bassnya jd ga keluar kira22 kenapa ya mass..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo power bagus suara bass gak ada kemungkinan tonecontrolnya bermasalah.

      Delete
  20. mass suara bass ga keluar jg klo di besarin vol sember tdnya ga..rusak apanya ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek speakernya, kalo speaker bagus coba periksa poweramplinya

      Delete
  21. Mas ampli saya kadang dengung kadang hilang

    ReplyDelete
  22. mas td dah saya cek dengan ampli speaker aktif speakernya bagus.pontensio bass dah sy ganti.bassnya ga keluar jg kira yg rusak apa.tone kontrolatau power cara ceknya gmana mas..

    ReplyDelete
  23. td saya pegang jg inputnya suaranya l dengung keras dan R kecil .klo menurut mas lebih baik servis tone kontrol atau ganti tone kontrol yg baru..

    ReplyDelete
  24. Untuk mas Budi tanks atas kunjunganya, untuk cek tone kontrol: pakai jalur input power yang bagus/normal lalu sambung output tonecontrol secara bergantian (antara L dan R) ke input power tadi, lalu sentuh dengan jari di input tone dan mainkan Volume, pada sepeaker apabila tone bagus akan terdengar dengung yang sama besar.
    untuk cek power: lepaskan jalur inputnya, kemudian nyalakan power dan juga kedua speaker dalam keadaan tersambung kemudian sentuh dengan jari input power, apabila terdengar dengung yang sama besar antara l / r berarti power bagus, apabila salah satu kecil berarti powernya bermasalah.

    ReplyDelete
  25. makasih mas..tp power saya mono cara adanya cuma -/+ sambung dari tone nya gmana neh maklum waktu itu dibuatiin ma tmen jd saya bongkar semua jd lupa pasang jalurnya kabelnya..volmenya jg ada 2..

    ReplyDelete
  26. Salam Kenal Bro JM,

    Saya punya simbada CST6900N kena sambar petir padahal listrik tidak hidup tapi steker masih distop kontak, jadi suara tidak mau keluar waktu jek input RCA disentuh pake jari, simbada tersebut hidup normal. mohon pencerahannya,,,
    Terima Kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal kembali dan trimakasih telah berkunjung, kalo input jack rca disentuh mengeluarkan suara berarti speaker simbada tidak bermasalah, jika tidak, coba perhatikan hal-hal berikut, perhatikan lampu indikator jika nyala berarti arus listrik masuk, jika disentuh pake jari di jalur input power amplinya tidak terdengar suara, kemungkinan IC ataupun TRansistor power rusak.

      Delete
  27. mas mau nnya klo ampli 150 watt, gk ad suara'e g'mn tuh, klo pke tone control gk ad suara, klo gk pke T.Control, lnsung PA ada suara'e, tp suara'e cacad kresek" gitu .

    ReplyDelete
  28. sudah jelas PA rusak, betulin dulu PA nya sampai suara jernih kemudian test pakai tone,

    ReplyDelete
  29. maaf bang saya punya simbadda CST 9500,... ada komponen yang gosong,..... kira2 komponen yang gosong bisa di ganti atau tidak,... trz tipe IC BT 2313 M itu tidak gosong alias masih utuh..... kira2 servicex dimana....??? bisa di service elektronik atau tidak,... atau harus ke service khusus simbadda..... terimakasih bang sebelumx,..

    ReplyDelete
  30. komponen yg gosong tentunya bisa diganti, asalkan tahu tipenya, untuk IC BT 2313 bisa rusak dan juga bisa nggak, harus dilakukan pengukuran dan pengecekan lebih lanjut, misal klo tidak paham ya sebaiknya serahkan saja ke ahli servis, pasti beres.

    ReplyDelete
  31. Malam gan... Mau nanya... Sya kasih kipas d power sy.. Tpi suara kipas masuk ke spekear... Apa harus ada power suply sndiri untuk kipas? Biladdi ambilkan 15v dr dpan... Apakah bisa? Dan bagaimana pmsanganya? Sya pake 5A CT...power ke 32V thanxz gan

    ReplyDelete
  32. tanks atas kunjunganya buat mas sugiex, coba pakai power suply sendiri ambil 15 v disearahkan pakai diode dan tahan pakai resistor jadi 12 volt

    ReplyDelete
  33. kalau masih kecil sebelah apanya om to the point aja komponen bagian mana yang harus di ganti selain TIP. thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. babat habis tr dan IC bila perlu, R 0.47 ohm 5w juga ganti

      Delete
  34. mas mau tanya saya punya speaker aktif sejak beli baru itu pas tekan tombol off nya kok suara speaker nya jadi kaya meleduk gitu ya mas...?
    kalau untuk putar lagu suaranya normal semua,masalahnya cuma itu saja pas mau nyalain/matiin ada suara "jeduk" itu keras sekali padahal volume sdh di kecilin...mohon bantuannya mas...trimakasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. tanks atas kunjunganya, klo bunyi "jeduk" saat dimatikan pasang kapasitor ukuran 100 nano farad, pada saklar on/off nya

      Delete
    2. Mf ikutan nimbrung niech.., blh tny cara pmasangan c 100nano:
      1.apakah seri atw paralel.
      2.pmasangan itu di arus DC atau AC.
      Mengingat tombol ON/OFF saya ngambil langsung dr listrik (AC).
      Thnx.

      Delete
  35. Mas, saya punya speaker simbada cst 8000, subwoofernya mati. Pake 4 tda 2030, 2 untuk satelit, 2 untuk subwoofer dgn ic 4558d. Saya sdh ganti 2 tda 2030 untuk subwoofer dan ic 4558d serta elconya tapi tetap ga ada suara. Saya sentuh kaki ic tda 2030, ada suara kresek2 pada subwoofer. Kira2 masalahnya dimana? Trima kasih.

    ReplyDelete
  36. Mas saya punya speaker simbada cst 8000, subwoofernya mati. Jalur subwoofer pake ic 4558d dan 2 ic tda 2030. Saya sudah ganti smua dan elconya tapi tetap tidak ada suara. Ic tda 2030 panas sekali (lebih panas dari ic untuk chanelnya). Namun bila saya sentuh kaki ic tda 2030 ada suara kresek pada speaker subwoofer. Kira2 kerusakannya apa ya mas? Trima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba ganti Potensionya bos, untuk ic TDA 2030, klo panas sekali kemungkinan rusak atau coba ukur semua tegangan pada power supply,

      Delete
  37. Bro kalo IC BT1213M gak ada apa ya persamaannya untuk ganti di SIMBADA?

    Terima Kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo IC harus di ganti sesuai tipe yang sama bos. tapi kalo transistor persamaannya ada.

      Delete
  38. halo bang , speaker saya kok yang sebelah kadang mati kadang bunyi , trus kadang-kadang bunyi nya kresek dikit gitu trus jernih lagi , kalo volume nya di kecilin speaker nya mati sebelah , kalo di gedein kadang dua-dua nya nyala , itu kenapa yah bang ?
    makasih

    ReplyDelete
  39. cek kabel input, potensio(karena pemakaian lama kemungkinan rusak, sering terjadi), cek poweramplinya, cek juga loud speakernya( speaker yang mau mati gejalanya seperti itu)

    ReplyDelete
  40. salam kenal, speker aktive saya suka naik turun suaranya kalo di nyalain lama, lama kelamaan suaranya mengecil kya output buat head phone, trus klo dimatiin 1/2 jam trus dinyalaen suara normal kembali..itu kira2 kenapa ya??

    ReplyDelete
  41. halo bang, mw tanya nih speker aktiv saya klo di nyalain lama suaranya suka naik turun dan stlah itu suaranya menjadi kecil banget . klo di matiin sekitar 30 mnt dan d nyalaiin lg suara kembali normal, dst. itu kira kira kenapa bang??. makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek di semua titik solderan/solder ulang, cek IC dan Transistornya (gejala seperti itu biasanya ada IC / transistor mau rusak)

      Delete
  42. hallo mas, speaker aktif Bunyi sebelah knapa ya mas?!! Misal disatuin jadi kecil suaranya..trus misal speaker di pasang dua2nya salah satu resistor slalu kbakar gosong,suka konslet lagi... jadi ampe saat ni speaker aktif saya pake satu speaker aja. Mohon bantuannya trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya speakernya konslet, cek kabel, jack, dan loudspeaker.

      Delete
  43. Mas bos speaker saya advance 2.1,trus mau ganti IC (aslinya TDA 2822) yang sama kakinya tapi spek diatas IC itu tipe IC brapa?
    Thanks bos

    ReplyDelete
  44. mas, mau tanya, speaker saya kalau tombol volumenya di putar, ke kiri atau kanan, selalu angka yg muncul dan volume yg dihasilkan tidak presisi dengan putaran tombol, cara mengatasinya gimana mas? makasih

    ReplyDelete
  45. Kalo Bro ada jual IC BT1213M, bisa gak beli??? kalo bisa biar ditranfer

    ReplyDelete
  46. numpang mas..
    speaker saya g bsa keluar suaranya mas.?
    komponen apa nya yang rusak ya mas?

    ReplyDelete
  47. min saya punya speaker aktif merk Avante.
    masalahnya kalau saya main pake Laptop bass nya pasti pecah, tapi kalau saya main pake DVD player bass nya gak pecah. itu karena apa ya min? dan solusinya gimana min?
    thank you min

    ReplyDelete
  48. untuk semuanya, terima-kasih telah berkunjung

    ReplyDelete
  49. gan saya punya speaker logitech type s-100
    permasalahannya suara tiba2 kecil sebelah,bau gosong juga tidak, panas sekali juga tidak.
    saya tidak tau cara bongkar casingnya, soalnya tidak ada baut2...

    ReplyDelete
  50. gan tolong saya.
    Saya punya simbadda 7100n.
    Saya ingin upgrade powernya,tapi saya tidak tahu cara masang trafo CT ke dioda.susunannya bagaimana ya gan?
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  51. gan, speaker saya suara nya kresek kresek terus ampe ke output kaya headphone ato headtset pun masih bunyi kresek kresek. kenapa ya gan?

    ReplyDelete
  52. Halo pa... Speaker saya kadang suaranya mengecil lalu bunyi krek baru kembali suaranya normal... kira2 kenapa ya? Mohon pencerahannya... -Kurisu-

    ReplyDelete
  53. artikel nya bagus gan, maksih.
    boleh saya tanya, spekr saya kalo subwofernya di gedein kog ada dengungnya dikit. itu knapa ya,. tapi kalo subwofrnya dimatikan jrnih, tp smakin bsr subwofernya smakin dengung,
    ...minta sarannya y gan..

    Thx

    ReplyDelete
  54. Mas. Saya punya speaker portable merk divoom. Udah sekitaran 7 bulanan. Pertama beli suaranya bisa max. Tapi skrg kalo nyetel musik keras-keras sering mati. Itu masalah apanya ya? Thx

    ReplyDelete
  55. Mas saya punya speaker simbadda yang terkoneksi ke laptop saya. seringkali terdengar suara bising yang cukup mengganggu terutama setelah beberapa lama memutar musik. suara bising terdengar di spekaer sebelah kiri, sedangkan bass dan speaker kanan baik2 saja. terkadang menggunakan HP saya tapi tidak ada suara bising. menurut sampean itu disebabkan board laptop saya yang "konslet" atau kerusakan pada speaker saya

    ReplyDelete
  56. kalo dipake buat yang lain bagus berarti yang gak beres laptopnya, atau hanya mungkin ground tidak sambung antara laptop dan spker

    ReplyDelete
  57. malam mas izin bertanya sudi kiranya menjawab...he..he...he..

    1.PA dengan TR tip31/32 saya yang sebelah hanya ada suara dengung keras dan kabel outputnya panas.TR juga pana
    2.sudah saya ganti TR nya tapi masih sama.
    3.Tip 32a di ganti tip32c apakah berpengaruh
    4.apakah berpengaruh bila di paksa,di nyalakan sebab sekarang sebelahnya baru sebentar di setel langsung panas..
    NB:saya pakai trafo 2A+tambahan giga bass...trimakasih mas sebelumnya...mohon bantuan..


    ReplyDelete
    Replies
    1. coba ganti juga tr driver dan juga tr yang lain (bd139/140,d400) cek juga diodenya in4148, cek juga kabel out speakernya, untuk tr-nya bisa diganti apa saja dengan jenis yang sama, misal tip 41/42

      Delete
  58. mas saya ada altec lansing bxr1121..
    speaker kiri n kanan normal..
    cuma bagian woofer kok dengunngg kenceng bgt ya.. jadi dia nggak fungsi..

    baru dicolokin ke power n switch woofer di ON kan langsung nguuuuung kuenceng bgt..

    mohon pencerahan mas apa kira2 yg bermasalah..

    gejala awal rusak karena speaker aktif keseringan tidak dimatikan ( tombol power di woofer nggak dimatikan ) walo laptop sudah mati padahal kabel power speaker masih nancep di listrik

    tq ya mas

    ReplyDelete
  59. mas saya ada bxr 1121 altec lansing..

    start kerusakan berawal dari kebiasaan mematikan laptop tapi speaker tidak dimatikan ( padahal power speaker masih nancep di listrik )

    lama kelamaan dari woofer muncul suara dengung yg sangat keras.. dan akhirnya woofer tidak berfungsi selayaknya woofer cuma dengung kenceng bgt ketika di ONkan switch ON woofer tsb.. speker satelit ki n ka masih nyala normal cuma woofer error..

    adakah pencerahan mas..
    tq b4 mas..

    ReplyDelete
  60. masa saya punya speaker Creative T3130. subwoofernya bermasalah dan sangat sangat kecil suaranya. padahal kemarin masih berfungsi dengan baik...
    tolong pencerahannya ya gannn...
    terima kasih banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek potensio subwofer, periksa juga jalur input subw (dari kabel, jack dsb) periksa juga ic power amplinya mungkin rusak

      Delete
  61. maksih jawabanye....:............................................

    ReplyDelete
  62. Slm knl mas, speker activ sya suara bass nya pecah, tp kalo di nyalain sbelah, L/R bass nya bagus, nah kalo saat L dan R di nyalin pecah lg, jd Q Gk hrs slalu nyalain sblh. kmungkinan apa yang rusak mas, m0h0n solusi nxa. trims.

    ReplyDelete
  63. Slm knl mas, speker activ sya suara bass nya pecah, tp kalo di nyalain sbelah, L/R bass nya bagus, nah kalo saat L dan R di nyalin pecah lg, jd Q Gk hrs slalu nyalain sblh. kmungkinan apa yang rusak mas, m0h0n solusi nxa. trims.

    ReplyDelete
  64. coba kabel speakernya di balik(yg sebelah)

    ReplyDelete
  65. Salam kenal mas ... speaker aktif saya (Sonic Gear Blue Thunder I) yang kiri (L) kecil sekali (sampai ga terdengar saking kecilnya kaya' suara semut kali ya :D ). Semula saya menduga konektor kabel speakernya (penjepit kabel) yang rusak. Saya coba bongkar dan test menghubungkan kabel speaker ke titik timah untuk speaker L, ternyata kondisinya sama saja. Apakah ada komponen elektroniknya yang rusak dan harus diganti ? Mohon bantuannya mas dan terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek kabel inputnya dulu, baca tutor "speaker aktif suara kecil sebelah" no 2 diatas, ikuti langkah2 cara mengatasinya.

      Delete
  66. maaf om mau nanya amplifier saya suaranya kecil padahal volumenya sudah full trus kalau volumenya di kecilin masih ada suara ... ampli saya memakai tip 2955 dan 3055.. mohon bantuanya... makasih..

    ReplyDelete
  67. Pengenalan Transistor Tipe NPN dan PNP
    Transistor adalah alat semikonduktor yang dipakai sebagai penguat, pemotong (switching), stabilisasi tegangan, modulasi sinyal atau fungsi lainnya. Pada dasarnya transistor merupakan komponen aktif dengan arus, tegangan atau daya keluarannya dikendalikan oleh arus masukan. Didalam sistem komunikasi transistor digunakan sebagai penguat sinyal. Didalam untai elektronis komputer transistor digunakan untuk saklar elektronis laju tinggi.

    Transistor adalah komponen yang sangat penting dalam dunia elektronik modern. Dalam rangkaian analog, transistor digunakan dalam amplifier (penguat). Rangkaian analog melingkupi pengeras suara, sumber listrik stabil, dan penguat sinyal radio. Dalam rangkaian-rangkaian digital, transistor digunakan sebagai saklar berkecepatan tinggi. Beberapa transistor juga dapat dirangkai sedemikian rupa sehingga berfungsi sebagai logic gate, memori, dan komponen-komponen lainnya.

    Struktur Transistor

    Transistor adalah komponen elektronika multitermal, memiliki 3 terminal, basis, kolektor, emitor. Secara harfiah, kata ‘Transistor’ berarti ‘Transfer resistor’, yaitu suatu komponen yang nilai resistansi antara terminalnya dapat diatur.

    Ada dua jenis transistor yaitu PNP dan NPN seperti terlihat gambar dibawah ini :






    Sambungan (junction) transistor NPN dan PNP terlihat pada gambar dibawah ini :




    Transistor PNP dan NPN mempunyai sifat yang saling berkebalikan walaupun sebenarnya prinsip kerja kedua jenis transistor adalah sama .Untuk transisitor PNP di perlukan arus dan tegangan yang berlawanan dengan transisitor NPN. Jika pada transistor NPN kolektornya lebih positif dari pada emitor, maka transisitor PNP emitornya lebih positif dari kaki kolektor.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Kenapa Transistor Tip 41 cepat panas dan tip 42nya malah tidak ada panas. terus ada suara dengung udah di ganti tetap saja mas masih panas dan mengeluarkan suara dengung. mohon balasannya ke email bpatriks@yahoo.co.id. terimakasih sebelumnya mas.

      Delete
  68. mas, saya mau tanya.. saya ada pakai headset untuk denger lagu, tiba2 headset nya tercabut dengan tidak sengaja dan dengan kencang pula. kemudian saya coba pakai headset baru, dan suara nya menjadi sangat kecil. tp tidak mempengaruhi suara speaker nya tanpa headset. itu jadinya kenapa ya mas? apa jadi nya mengalami kerusakan? -terimakasih-

    ReplyDelete
  69. bng awi saya punya simbadda cst 6500. tapi di pcb di tulis cst 6000c. awalnya gara2 listrik pln naek tiba2 jadi matot. diganti trafo ct 12v udah hidup. masalahnya saat posisi on(jack input dicolok) trus output ke speaker sub dicabut panas ic normal, saat output dicolok icnya panas sampe gak bisa disentuh. suara bass klo di gedein brek..brek..brek. klo ic dingin bagus. ic pakai tea 2025 2 buah. mohon bantuanya bng awi. terima kasih

    ReplyDelete
  70. mas saya punya speaker aktif yang kalo di hidupin lampu indikatornya mati hidup sambil ada bunyi jedug2 di speaker
    mohon bantuanya ya mas....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kerusakan yang mengakibatkan konslet, periksa transistor power ampli, saat menyala ukur tegangan powersupply

      Delete
  71. mas rakit tuner radio fm dengan tegangan 12volt ,pas di coba diamplifier suaranya keras tidak enak di dengar bas terlalu besar dan berdengung , apakah catu daya nya berpengaruh mas pada suaranya, waktu saya ukur catu daya 19 volt mas ?
    trimaksai...

    ReplyDelete
    Replies
    1. tegangan harus benar2 12volt dan harus bersih, solusi stabilkan tegangan dgn IC 7812.

      Delete
    2. mas bisa bantu saya buatin skema rangkaian catu daya 12 volt yang ada IC7812 , masalahnya saya masih pemula baru belajar?
      trimkasi sebelumnya...

      Delete
  72. mas saya punya speaker aktif TIP2955 nih
    kok ada suara zzzzzz ... itu gimana yah.. sangat mengganggu sekali

    ReplyDelete
  73. speker saya suaranya dengung ,terus klau di hidupkan suaranya masih bagus tapi klau da 10 menit suaranya pecah rangkaiannya sangat panas, jadi solusinya bagaimana mas.

    ReplyDelete
  74. Mas mau nanya saya baru membeli speaker merk powerup yang ada USB port (speaker aktif untuk laptop, yang ingin saya tanyakan apakah bisa (boleh) dihubungkan dengan speaker sanken yang lebih besar? Kalau boleh kemana harus saya hubungkan apakah melalui socket headsetnya? Karna speakernya terhubung langsung tanpa socket.

    ReplyDelete
  75. amply saya jebol..

    ReplyDelete
  76. mas saya mau nanya nih,,,kerusakan pada receiver saya pada waktu dicolokan masuk kelistrik kenapa tiba-tiba sekringnya keputus.....

    mohon jawabannya..!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. regulator power suply jebol, biasanya tr-nya yg jebol

      Delete
  77. Mas, amplifier saya tidak mau mengeluarkan suara ke speaker, kira" apa ݪª mas masalah nya ?


    Mohon jawaban nya ya mas...

    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek speakernya,mungkin rusak, kalo gak cek kabel input, kemungkinan input audio belum masuk.

      Delete
  78. Mas cara mengetahui IC TDA 2030A rusak apa kgak bgmna? Speaker sy Smbda CST6000 mati sebelah, sdh cek dan ganti L ke R dan sebaliknya tetap sama. Kemungkinan di IC 2030A.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kerusakan ic tda 2030 biasa ditandai, dengan suara dengung, atau panas tidak wajar pada heatsinknya,

      Delete
  79. kenapa ya mas speaker aktif saya keluar suara jeduk yg keras setelah dimatikan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. solusinya gan, dikasih kapasitor pada saklar on/off nya

      Delete
  80. Malem.. para sesepuh... mohon pencerahan saya ada Speaker AKTIF klo g salah merk JDL, kondisi suara yg sebelah pelan banget sdh di ganti Transistor yag Tip41/42 masih g ngaruh kira2 penyebabnya apa ya...
    Maturnuwun
    liieg

    ReplyDelete
  81. pagi maz brow mo tnya nich Kalo sepeaker aktif hanya keluar suara dengung, trus komponen ad yang panas.. trus Tr TIP 2955 Lngsung mati kira" penyebabnya apa ya...

    ReplyDelete
  82. Mohon tanya, speaker aktif Polytron apa dapat kita tambahkan remote control. Jk dapat bagaimana caranya? Terimaksih gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. enaknya dipakai apa adanya, soalnya untuk menambah remote harus merubah desain mainboard,

      Delete
  83. Bagaimana cara menambah remote control pada aktif speaker. Terimakasih Bang pakar Elektronika.

    ReplyDelete
  84. mas mau tanya nih, saya baru beli dvd crystal 830, tapi pas saya coba , suara output kirnya gak keluar, saya coba ganti kabel tetep seperti itu, ganti tv juga tetep suara kirinya ga keluar, . mau diservis ke tempat service centernya, setelah saya cek ternyata jauh banget, bisa minta penjelasannya?

    ReplyDelete
  85. mas, mau tanya,
    kalau speaker simbadda saya kok suara bassnya kecil banget ya, kira" kenapa?
    mohon bantuannya


    Tks

    ReplyDelete
  86. Mengunjungi blog yang bagus dan penuh dengan informasi yang menarik adalah merupakan kebahagiaan tersendiri.... teruslah berbagi informasi

    ReplyDelete
  87. mas mau tanya,,
    klo tombol power dinyalakan langsung keluar suara dengung+kertas pada speaker bergerak tertarik ke dalam,, apakah itu rusak,,dan komponen apa saja yg harus diganti,,???

    sekian, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah jelas rusak gan, untuk komponen yg harus diganti harus dicek lebih dulu...

      Delete
  88. Mas, saya ada speaker aktif suara saat elite L dan R nya keluar tapi di subwoofer nya Ga keluar suara cuma dengung tapi Ga keras, sudah di ganti tda 2030 nya tapi msh tetap sama, tr nya sdh ganti, ic opamp mya ganti hasilnya tetap sama, kira-kira apa kerusakannya? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek potensio utk bass, juga elco powersuply

      Delete
  89. Mf ngerepotin ya Mas..Speker activ sya TIP41c sm TIP42c dn 0.22/3W ketika pencet power langsung panas dan bunyi peck...Dan suara tdak nyambung ke speker.....Udh 3 Kli sya gnti tpi msih...Sya minta solusi nya ya mas....??

    ReplyDelete
  90. Mf ngerepotin ya Mas..Speker activ sya TIP41c sm TIP42c dn 0.22/3W ketika pencet power langsung panas dan bunyi peck...Dan suara tdak nyambung ke speker.....Udh 3 Kli sya gnti tpi msih...Sya minta solusi nya ya mas....??

    ReplyDelete
  91. Mf ngerepotin ya Mas..Speker activ sya TIP41c sm TIP42c dn 0.22/3W ketika pencet power langsung panas dan bunyi peck...Dan suara tdak nyambung ke speker.....Udh 3 Kli sya gnti tpi msih...Sya minta solusi nya ya mas....

    ReplyDelete
  92. Mf ngerepotin ya Mas..Speker activ sya TIP41c sm TIP42c dn 0.22/3W ketika pencet power langsung panas dan bunyi peck...Dan suara tdak nyambung ke speker.....Udh 3 Kli sya gnti tpi msih...Sya minta solusi nya ya mas....

    ReplyDelete
    Replies
    1. periksa tr driver, priksa juga jalur output speker ( kabel, spk ) mungkin konslet

      Delete
    2. Boleh ndx mas d foto in tr driver sma jlur output speker..... Bisa kn ms....Biar sya thu letak nya......Sya cek smua stabil....Foto in aj ya mas...

      Delete
  93. Mf ngerepotin ya Mas..Speker activ sya TIP41c sm TIP42c dn 0.22/3W ketika pencet power langsung panas dan bunyi peck...Dan suara tdak nyambung ke speker.....Udh 3 Kli sya gnti tpi msih...Sya minta solusi nya ya mas....

    ReplyDelete
  94. Mas, amplifier saya subwoofernya mati, kalo diposisikan maximal malah terkadang malah bunyi jedug jeduk gitu.
    Kira2 apanya yg masalah ya..?

    ReplyDelete
  95. Ma tanya dong, speaker aktiv saya kalo dinyalakan sekitar 2 jam suaranya normal, tapi ketika lebih dari 2 jam, suara nya langsung sember sebelah, itu komponen apanya yang rusak/ diganti?

    ReplyDelete
  96. Coba soldel ulang dulu kang ujang. Terutama bagian power supply dan bagian amplifier.

    ReplyDelete
  97. saya mau tanya mas... apa bperbedaan penggunaan trafo CT sma yg pke nol (bkn CT)? trus gnay apakah berbeda?

    ReplyDelete
  98. super sekali...blog seperti ini yang di butuhkan,selain membagi ilmu juga bermamfaat dan merupakan bagian dari ibadah,thx pak M JM

    ReplyDelete
  99. Numpang nanya Gan,,saya punya speaker aktif simbada bassnya kurang oke setelah ganti 2 icnya,,,
    tks...

    ReplyDelete
  100. mas mau tnya spker politron xbr. bas sama tribel di besarin tiba tiba mati. komponen sudah di cek tapi ga bisa hidup begitu juga lampu power juga mati. yg ada bila di lepaskan arus ada suara kecil seperti siulan. itu apanya yah. tolong dong kasih penjelasan . terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  101. mas mau tanya saya pake speaker simbadda cst 6500 lampu di saklar on off nya mati itu kenapa ya mohon bantuannya??? thx

    ReplyDelete
  102. mas mau tanya saya pake speaker simbadda cst 6500 lampu di saklar on off nya mati itu kenapa ya terus cara buka casing saklar on off nya gimana ya coz gda murnyaa mohon bantuannya??? thx

    ReplyDelete
  103. speaker aktif saya sonic gear suaranya dengung sy sudah ganti ic dan kapasitor setelah di ganti koq diodanya panas trus korslet kira kira apanya lagi yng harus dicek? mohon pencerahannya. thanks

    ReplyDelete
  104. alωayѕ i used to read ѕmalleг аrticles
    which аlѕo cleaг their motive, and that
    is also hаppеning with thiѕ aгticle which I am reading hегe.


    Hеre is my web pagе power rating resistor

    ReplyDelete
  105. With havin ѕo much content do yоu ever гun into аny problemѕ оf рlаgorism
    or copyrіght infrіngement? My website has a
    lot οf comрletеly unique content I've either authored myself or outsourced but it appears a lot of it is popping it up all over the web without my authorization. Do you know any techniques to help stop content from being stolen? I'd
    definitely appreciate it.

    Rеview my web site; http://wiki.brandalive.be/index.php/Gebruiker:ElmoJMGD

    ReplyDelete
  106. Αhaа, its fastidious conversаtіοn on thе topic of
    this paragгaph at thiѕ place at this web sіte, I hаνe reаԁ all that, so now me also
    сommenting here.

    Feel free to viѕit my wеb-site; resistor Code

    ReplyDelete
  107. Itѕ like you read my mind! You seem to knoω sο much about thіs,
    lіke you ωrote the book in it or somethіng.
    I think that you can do wіth some pics to dгive the mesѕagе home a bit,
    but inѕtеаd of that, this is great blog.
    A fantastic геаd. I will certainlу be bаcκ.


    my site :: resistor Derating

    ReplyDelete
  108. My ρartnег and I absolutely lovе your blog and finԁ manу of your post's to be just what I'm looκing for.
    Does onе offer guest writeгs to wгіte content to suit
    уour needs? I ωoulԁn't mind composing a post or elaborating on a number of the subjects you write regarding here. Again, awesome weblog!

    Here is my page Resistor formula

    ReplyDelete
  109. Іf you аre going fοг fineѕt сontents liκe myself, only pаy a νіsіt thіs ωebsіte every
    daу ѕinсe іt offerѕ feature сontents, thanks

    Here is mу рage power Rating

    ReplyDelete
  110. We're a bunch of volunteers and starting a brand new scheme in our community. Your site provided us with helpful information to work on. You've pеrfοrmeԁ a foгmidable
    task and ouг ωholе community might bе grateful tο you.


    Μy ѕitе :: ohm'S law

    ReplyDelete
  111. selamat sore mas, saya mau naya ini. speaker saya sonic gear blue thunder 1 kemarin mati total, gak mau nyala sama sekali. setelah dipikir2 saya bawa ke servis. setelah saya ambil speaker nyala powernya tapi malah gak keluar suaranya cuman dengungan aja. waktu saya bongkar, saya bingung, soalnya transistornya kok kakinya ada 5 bukan tiga? apa itu ic? akhirnya saya mau tes gak jadi. apa kira2 transistor harus diganti semuanya ya? trus kalo diganti itu namanya apa? transistor apa ic? terus serinya sama dengan yang diterangin di atas? terima kasih banyak atas saran dan artikel ini.

    ReplyDelete
  112. ok...trim's atas tutornya gan......akhirnya sound aktif normal kembali.......cukup ganti dioda,tip 1c,tip 2c......gan..
    .ni gan e-mail saya....m_irfan1010@yahoo.com.sg

    ReplyDelete
  113. What's Happening i'm new to this, I stumbled uρon this ӏ
    have ԁiscoveгed It pοsitivеly
    useful аnd it has helρed me out loads.
    I'm hoping to contribute & assist different customers like its helped me. Good job.

    Here is my blog: Resistor Resistance

    ReplyDelete
  114. selamat siang.
    speaker saya antara bass dan treble kok bisa gabung y?
    suaranya juga pecah. gmna pndapat anda mas.
    terimakasih.

    ReplyDelete
  115. selamat siang.
    saya mau nanya nih. speaker saya antara bass dengan treble kok berantem ya?
    suaranya juga pecah, tidak memuaskan. mohon bantuannya.
    terimakasih

    ReplyDelete
  116. Cuгrentlу it seems like BlogEngіne iѕ the
    toρ blogging platform avaіlable
    гight now. (fгom what I've read) Is that what you're using on yοur blog?


    Have a loоk at my web-site - ohm's law

    ReplyDelete
  117. siang gan ,

    bisa bantu ga ? kalau speaker active simbadda saya suaranya kecil sekali meski volume sudah di set full , speaker woofer dan 2 speaker lainnya sudah saya cek tidak ada yg mati , semua speaker bersuara tetapi sangat kecil , mohon bantuannya gan , kira2 di mana ya letak kerusakannya

    terima kasih sebelumnya
    salam
    key

    ReplyDelete
    Replies
    1. komponen yang mungkin rusak: potensio ( utk vol / bass ), ic power, kabel jack input

      Delete
  118. siang mas.....mas sy punya woofer 8 in 100 watt 8 ohm..power berapa watt yang cocok untuk speaker saya ???. saya pernah pake power tda2050, tp koq suaranya tidak mantab sm sekali, padahal speaker dah pake box. maksih pencerahannya...

    ReplyDelete
  119. Mas speaker aktif saya tiap di nyalakan kira2 5menit mati total indikator power juga mati,setelah saya cabut kabel yg ke listrik sebentar kemudian tak pasang lagi power normal lagi tapi nda lama mati lgi,apa yang rusak mas ya?trims atas solusinya

    ReplyDelete
  120. kemungkinan rankaian power supply tidak bekerja normal, cek kabel power ac, cek saklar on/off, cek trafo,diode dan elco power sply

    ReplyDelete
  121. Coba cek solderan biasanya udh minta di solder ulang, melihat gejalanya 5mnt mati mgkn karna panas jadi kendor

    ReplyDelete
  122. mas..mau tanya saya mau merakit mesin speaker aktif kira2 lebih bagus pake TIP/TDA biar suaranya lebih keluar...mksh

    ReplyDelete
  123. mas..mau tanya lebih bagus pake TIP/TDA biar suaranya keluar seperti bass,midle,dan twiter.

    ReplyDelete
  124. Prеtty nice post. I juѕt stumblеԁ uροn
    youг blog аnd ωаnteԁ to say that I
    havе rеallу еnjoyed surfing around your blоg
    posts. Aftеr аll I'll be subscribing to your rss feed and I hope you write again soon!

    Here is my blog post: volt and current

    ReplyDelete
    Replies
    1. tanks for your visit, please wait i'll write my newposts again.

      Delete
  125. I everу tіme spent my half аn hour to read
    this ωebsite's articles every day along with a mug of coffee.

    Stop by my web site negative temperature coefficient thermistor

    ReplyDelete
  126. mas..mau tanya kalau speaker 6" yang bagus merk apa yg hrgnya terjangkau....trims

    ReplyDelete
  127. Remarkablе! Itѕ truly amazіng pаragrаph, I have gοt much clear idea
    about fгom thiѕ aгtiсle.

    Alѕo visit my web pagе Potentiometers

    ReplyDelete
  128. Tοday, whilе I was at ωoгk, my sister stolе my iΡad and testеd to seе if it can
    survive а twentу five foοt drοp, juѕt ѕo
    shе can be a youtube sеnsation.
    My apple iρad is now dеstгoyed and she has 83 views.

    I know this iѕ completely off topic but I had to share іt with
    someone!

    Also viѕіt my web page; www.hypnosys.ru

    ReplyDelete
  129. Ηello it's me, I am also visiting this website daily, this site is truly nice and the viewers are genuinely sharing fastidious thoughts.

    Feel free to visit my site ... colour coding of resistor

    ReplyDelete
    Replies
    1. tanks for your visit, But your web site can't open from my firefox,

      Delete
  130. salam kenal mas..sepeker aktif mbl saya kadang bunyi kadang ngak(lampu powet tetap nyala)kalaupun bunyi selalu di awali dgn bunyi dug duluan.kenapa mas ya?mohon arahan nya..terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus dicek secara detail gan, soalnya kemungkinanya banyak.

      Delete
    2. trims gan,td siang suadah saya cek dan bongkar tp sepertinya tak ada yg hangus and terbakar..saya masih penaran banget nich,,

      Delete
  131. What а stuff of un-ambіguity and pгeserveness of vаluable familіaгity cοnceгning unexpected
    emotions.

    Mу blog; Http://Www.Total22Jp.Com/Wiki/Index.Php/%E5%88%A9%E7%94%A8%E8%80%85:WilsonLov

    ReplyDelete
  132. saya punya speaker aktif 2.1, dan kondisinya baru, beli beberapa minggu yang lalu,
    tapi speaker saya sering mengeluarkan suara sendiri seperti suara ledakan, padahal speakernya dalam keadaan tidak dipakai tetapi dalam posisi terpasang ke arus listrik.
    apakah mungkin karena tegangan listrik di rumah saya yang sering naik turun ya?
    mohon pencerahannya..

    ReplyDelete
  133. Ms aq pnya ampli yg menggunakan ic ta8210, tpi mti krena kna petir, trus saya gnti ic-nya, hidup. Tpi suaranya mnjadi kecil mski volumenya d ptar full. Kira" panya ya..

    ReplyDelete
  134. Hi my fгiend! I wish tο say that this post
    is awesome, nice ωrіtten and include apρroximаtely all significаnt infos.
    I would liκе to lοok eхtra postѕ
    liκe this .

    Feel free tο visit my page; wire-wound resistor

    ReplyDelete
  135. It's a pity you don't have a dοnate button! I'd most certainly donate to this outstanding blog! I guess for now i'll sеttle for boοk-marκing and аdding your RSS feed to my Google
    account. I look forward to neω updates аnd ωill shaге this site with mу Facebook grouр.
    Chat soon!

    Ηeгe iѕ mу wеbѕite :: georg simóN ohm

    ReplyDelete
  136. Wondегful pоst hοwever , ӏ waѕ ωanting to knοw if yοu cοuld wrіte a litte mоre оn thiѕ toрiс?
    I'd be very thankful if you could elaborate a little bit further. Many thanks!

    My site - varistors

    ReplyDelete
  137. I'm extremely inspired with your writing talents as neatly as with the structure for your blog. Is that this a paid theme or did you customize it yourself? Either way keep up the excellent quality writing, it is rare to see a great weblog like this one nowadays..

    My blog post voltage Dependent resistor

    ReplyDelete
  138. maaf gan mau tanya speker aktif saya ko tiba''suara bas pecah tp speker msh bgus gan
    apa krsaknnya y gan??tolong dibntu mkch sblmnya

    ReplyDelete