Wednesday, May 16, 2012

CARA SERVIS SPEAKER AKTIF PLUS SUBWOFER


CARA SERVIS SPEAKER AKTIF PLUS SUBWOFER dengan kerusakan efek bass wofernya hilang





 Sebelumnya sedikit saya jelaskan mengenai spesifikasi sepeaker aktif tersebut, powernya ocl dengan TIP 2955 / TIP 3055, memakai trafo 5 ampere, dengan tone control plus subwofer pakai IC 4558, pakai penguat MIC juga.

Gambar tersebut diatas adalah SPEAKER AKTIF dengan SUBWOFER Kerusakan speaker tersebut adalah suara atau efek bass untuk subwofernya tidak ada, atau dengan kata lain kalau potensio pada panel subwofer diputar, tidak keluar bassnya.

Kerusakan seperti tersebut biasanya karena potensionya tidak bekerja (tidak main ), dan benar saja setelah berbagai pemeriksaan ternyata rangkaian baik baik saja dan tanpa berfikir panjang langsung saya ganti saja potensio 50 k dengan ukuran yang sama, tetapi saya ganti dengan yang kualitas lebih bagus agar awet.

setelah penggantian selesai kemudian speaker saya nyalakan untuk ditest.
hasil testnya OKE. selesai.  

8 comments:

  1. hy..
    perkenalkan nama saya khoiruddin di medan..
    saya punya speaker aktif + subwoofer seperti yg sedang di bicarakan.
    tapi gimana cara mengecek potensionya masih bekerja atau tidak sementara potensionya menempel di casing bagian depan dimana casing depannya itu tidak bisa dibuka ??

    mohon solusinya ya..
    terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih kunjunganya, memang untuk mengecek potensio harus dibongkar terlebih dahulu sampai kaki potensio tersebut terlihat dan untuk selanjutnya dicek dengan menggunakan Multitester, tetapi kalau tidak bisa dibuka ya cari celah, congkel/paksa sedikit, tapi harus hati-hati

      Delete
  2. om subwoofer saya udh mati ap bisa di servis om

    ReplyDelete
  3. halo, perkenalkan nama saya erik dari bali, saya punya speaker aktif logitech X-530, masalahnya itu speaker inputnya kan 110v, trus saya masukin ke tegangan 220v, tanpa pake pengubah tegangan, nah sekarang speakernya gak mau nyala, bagaimana caranya memperbaikinya? trus kira2 yang rusak apanya???? terima kasih

    ReplyDelete
  4. masalah pada tegangan outputnya akan over, periksa skringnya,trafo(powersupply), sama IC powernya

    ReplyDelete
  5. haii..nama saya Anton,saya punya home theater polytron dengan 1 dvd,5 speaker kecil,dan satu unit subwoofer,belum lama saya beli,kurang lebih 2 bulan,tapi kemarin saya stell subwoofer mengeluarkan suara dengung,nguuuuuuuuunnggg,,knp ya??apa yang harus dilakukan??terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bang woofer saya mati... bass trebl mash hdp... potensio di putar2 cuma mngluarkan suwara kaya gesekan2 bang... apanya... potensio rusak kah bang?? Mksh mohon pnjlasanya bang..

      Delete
  6. maaf nmpang tanya,, sya punya wofer gmc, klo di stel kelur suara cuma satu detik terus ilang lg.. itu yg rusak apanya yh.. mksih sblumnya

    ReplyDelete