Friday, April 20, 2012

SERVIS TV SANKEN SYMPHONY SLIM

TV SANKEN SYMPHONY SLIM ini menggunakan IC tunggal TOSHIBA 8899CSCNG6UV2, IC Vertical STV 9378, TR HORISONTAL D5036 dan STR W6556A. Kerusakan tv ini :
  1. Gambar tidak penuh, bagian bawah layar ada warna hitam sekitar 2 cm.
  2. Suaranya hilang, untuk pertama dinyalakan suara tidak ada tetapi lama-lama kadang ada.
  3. Layar warnanya tidak normal, disetiap sudut layar ada warna merah.
Pertama saya buka terlebih dulu casing tv, kemudian bongkar mesinnya / mainboard dan bersihkan debu dan kotorannya. setelah semua bersih saya mulai mengamati kondisi mesinnya, secara kasat mata memang ada dua buah elco yang sudah mengembung. ukuran elco tersebut :
  1. 1000 mf 25 volt, terpasang dipower suplay untuk mencatu IC power ampli.
  2. 2200 mf 35 volt terpasang untuk output Vertical.
Untuk selanjutnya kedua elco tersebut lansung saya ganti, kemudian jangan lupa solder ulang semua titik yang kelihatan sudah retak. kemudian untuk mengecek semua tegangan kita nyalakan mainboardnya, ternyata setelah saya cek semua NORMAL, oke-oke saja.

Setelah pengecekan selasai kemudian saya pasang mainboard ke layar / tabung crt. Kemudian tv dinyalakan dan hasilnya GAMBAR LANGSUNG PENUH, SUARA pun langsung terdengar oke.
Kesimpulannya kerusakan tv ini cuma elco yang mengembung.
Untuk tampilan layar yang berwarna merah disetiap sudutnya cara mengatasinya dengan memakai magnet (bisa magnet bekas speaker) dekatkan magnet ke layar crt tarik perlahan satu arah berulang sampai warna merahnya hilang.

Semoga bermanfaat, dan salam kenal untuk rekan-rekan tukang servis, salam dari Banten.






8 comments:

  1. saya punya tv SANKEN SYMPHONY tiap monitor diputar kesisi kiri bagian sudut atas warna layar menjadi merah tetapi jika lurus / diputar ke arah kanan warna merah tsbt hilang...
    apakah tv saya rusak? padahal baru beli 4 hari yang lalu, trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tv tersebut tidak rusak gan, hanya terkena medan magnet. coba periksa disekitar TV apakah ada benda2 yang mengandung magnet spt: speaker aktif. Jauhkan TV dari benda2 tsb karena bisa merusak tabung CRT / Layar

      Delete
  2. mas..tlg ,kw tv sanken teg tegangan vertikalnya gk mau trun knp ya? tlg konfirmsi ke 085714712392 mksh byk

    ReplyDelete
  3. bos saya punya tv SANKEN SYMPHONY tapi ada masalah di vertikalnya itu volt dc nya naik pertama kali on 24v tapi setelah beberapa detik naik menjadi 35v terus gambar menjadi goyang dan menyempit.yang saya tanyakan dibagian mana bos yang perlu di ganti,,,,? dan tolong di bls ke 085791610950 dan saya ucapkan mksih banyak & salam sukses selalu......

    ReplyDelete
  4. peprmisi gan/gan sy punya tv slim merek sanken simponi str dan diodanya bila diganti selalu jebol.apa yang harus saya ganti.makasih

    ReplyDelete
  5. semua komponen bisa rusak, coba cek komponen satu per satu di bagian regulator

    ReplyDelete
  6. Maap gan nmpang nanya, tv sanken saya gambarnya kurang ke kanan, bleh dikatakan hampir separo. Minta solusinya gan. Komfirmasi dong ke yahya.asror@gmail.com atau 085291344450. Trima kasih gan

    ReplyDelete
  7. tv merk sanken memang gampang2 susah,tapi kalau ditekunin pasti dapat solusinya.masalah tv sanken kurang kanan-kiri itu gampang sekali ada tr hoe tipenya 630 ganti aja itunya pasti normal.

    ReplyDelete