Tuesday, April 3, 2012

CARA SERVIS SPEAKER AKTIF BERDENGUNG


Speaker aktif yang normal pasti akan nyaman untuk didengarkan, tapi...kalau rusak kita jadi kecewa. ada banyak macam kerusakan pada speaker aktif salah satunya adalah mengeluarkan suara dengung.

Cara servis speaker aktif yang mengeluarkan suara DENGUNG. Pertama, buka tutup belakang speaker aktif (salah satu box yang ada panelnya), kemudian setelah tutup terbuka  akan ada penampakan mesin speaker aktif yang terdiri dari bagian-bagian sebagai berikut:

   1. TRAFO
   2. RANGKAIAN POWER SUPLY
   3. RANGKAIAN POWER MODUL (POWER)
   4. LOUDSPEAKER

Untuk analisa pertama atau dugaan lazim kerusakan dengung:
  • modul power rusak biasanya Transistor PA jebol
  • power supply bermasalah, biasanya elco rusak atau kering
    Setelah keempat elemen tersebut saya cek ternyata ada yang nyata kelihatan terbakar dirangkaian  powernya yaitu R 0,47 ohm. untuk langkah selanjutnya ambil MULTI TESTER, kemudian saya tes/ukur Resistor tersebut  ternyata putus-tus.selanjutnya saya tes/ukur Transistor powernya (biasa pakai TIP 31/32, TIP 41/42 ) ternyata juga short alias konslet. untuk langkah selanjutnya ganti semua komponen yang rusak tersebut dengan yang baru
Untuk modul power dengan ic langsung ganti saja ic-nya ( misal tda 2030 )

     Setelah penggantian  komponen selesai  speaker siap di nyalakan. kalau sudah oke semua tutup kembali box  speaker. selesai.

sekian dulu untuk posting kali ini, lain kali disambung lagi. SEMOGA BERMANFAAT.
SUKSES SELALU.......!

87 comments:

  1. maf lok boleh tau cipondohnya mana pak/mas

    ReplyDelete
  2. Maaf mau tanya.Speaker aktif saya merk Polytron PAS 68..baru beli,tp jarang sy hidupkan.Begitu sy nyalakan tiba2 kluar suara duk! dr speaker (L) yg tdk ada control panel nya.Lalu USB aq colokkan & puter lagu.Ada muncul suara dr speaker (R) yg ada control panelx..& normal.Tp d speaker (L) tdk kluar suara.Stlh sy cek,speakerx (L) sbenernya normal.Jd gejala yg ada:
    1.Suara duk! kluar dr speaker (L) saat d nyalakan.
    2.Kabel dr speaker (L) menuju panel trasa panas stlh sy pegang.
    3.Komponen Amplifier scr fisik tdk ada tanda2 terbakar.
    4.Transistor yg d gunakan jenis TIP.
    Mohon bantuannya,qra2 masalahnya ada d mana ya bang???

    ReplyDelete
  3. tanks atas knjunganya, sepertinya ada kerusakan pada power amplinya, kabel output sp l panas disebabkan ada yang konslet, cek speaker yang L dari jek, kabel hingga dalam bok speaker L, kalau semua ok cek juga power amplinya ( pada saat speaker nyala pegang heatsink/ pendingin aluminium yang menempel pada transistor TIP, jika terasa sangat panas dapat dipastikan powernya rusak, cek juga di blok tonecontrol/equalizer(klo ada)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Transistor ada yg panas banget mas..Tr no. 7N65C tak ganti dg no. 7N65. Ada 1 komponen jg scr fisik ada yg cuil/pecah sprti terkena suhu panas yg tinggi RTH501 dg no. part NTC25 1144, tp d ga da yg jual. Akhirnya cmn tak ganti Transistornya aja..stlh tak coba,eh listrik rmh mati semua/konslet. Qra2 apanya lagi ya mas...Makasih sblmnya

      Delete
  4. Mau tanya pak, speaker aktif saya memakai tda 2050, ada suara dengung namun tidak terlalu besar, pendingin alumunium dan current trafo panasnya anteng kira kira apanya yah ? mohon informasinya terimakasih atas bantuannya.

    ReplyDelete
  5. klo dengung dikit gak apa2 bos, wajar. tapi klo dengung keras pasti ada kerusakan

    ReplyDelete
  6. Maaf info saya mungkin kurang lengkap, dengung membesar ketika kabel input dikoneksikan ( rca ), volume / potensio meter dibesarkan semakin besar dengungnya.
    Tks atas infonya ..

    ReplyDelete
  7. coba besarkan vol tanpa koneksi kabel input, kalo dengung kecil berarti speaker tdk masalah, kalo kabel input disambung kemudian terjadi dengung,kemungkinan kabelnya yang bemasalah (putus salah satu), kemudian kalo semua sudah oke masih dengung, coba cek elco pada powersupply.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf mas spiker saya sony Yang R ada suara keras kayak geledek dan petir klo dihidupkan setelah saya cek TR TIP41c panas ,sudah saya ganti tapi masih tetap aja. mohon petunjuk apanya yang harus di ganti? tanks

      Delete
  8. Terima kasih mas sudah baik , saya ganti elco powersupply nya.

    ReplyDelete
  9. mas..mau nanya...
    kalau membuka boxs speaker LG HI-FI MDS714 gimana ya..?
    udah berulangkali saya lihat gk ada lubang baut di pinggir boxs nya...sebelumnya terima kasih mas....

    ReplyDelete
  10. Mas Mau nanya...
    gimana ya cara membuka boks Speaker LG HI-FI MDS714..
    sebelumnnya TERIMA KASIH

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai obeng min ( - ) yang kecil & tipis pada sambungan lalu congkel pelan-pelan (biasanya box tsb pakai pengait di balik sambungan)

      Delete
  11. permisi mas.. Mau ikut nanya neh.. Saya punya speaker aktif,tapi misal volume nya saya besarin kok suara krebek2. Tapi misal saya kecilin volume nya suara nya jernih. Knapa ya mas!?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin loudspeakernya gejala2 mau rusak, power amp tidak bekerja sebagaimana mestinya bisa juga,

      Delete
  12. power amply tu yg mana?
    Speaker saya berdengung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ciri yang jelas terlihat: outputnya tersambung langsung dengan loudspeaker, ada transistor atau IC yang menempel pada pendingin aluminium, power amp adalah rangkaian penguat akhir yang terdiri dari beberapa transistor atau IC (tergantung model type nya)

      Delete
  13. permisi mas mau tanya speker sya merk poltytron kerusakannya suaranya kecil volumenya dah d puter full,pas sya buka trus sya tes d trafo regulatornya(mirip regulator tv) ada suara mendecit,,,kira2 apanya ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek tegangan ouput reg power supply (ada apa tidak), biasanya kalo ada suara mendecit ada beban berat mungkin disebabkan komponen yang rusak/ konslet

      Delete
  14. selamat siang,
    mau tanya gan,
    saya punya kit speaker aktif, tapi suaranya tidak jernih, ketika aku potong jalur kitnya ku gunakan power amplifiernya tanpa tone Suaranya baik,
    di tone komponen mana ya yang tidak sesuai.
    (kit Tone Controlnya "tone + subwofer + fremic". menggunakan 3 IC)

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya yang membuat suara tidak bersih adalah dari bagian pre-amp micnya

      Delete
  15. resistor panas ngaruh kepada suara langsung ilang tapi klo abis di off suara kembali normal tapi gak tahan lama paling lama lima menit kembali lagi hilang terus apa yg harus di lakukan sudah saya ganti resistornya juga sama aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti bukan resistornya, coba solder ulang di semua titik ganti tr/ ic nya

      Delete
  16. Saya punya power Tip31/31
    &saya ingin pakai speke 6inc.
    Brapa watt speker yg hrs sya pkai biar gak jember suaranya?

    ReplyDelete
  17. Salam kenal,mau tanya pak.Saya pasang tone ctrl dgn ic tl084 supply simetris pakai yg di belakang trafo 5 amp dgn urutan 0-9-12,benar atau tdk pak,dan kenapa potensio kalau di dekati tangan berdengung,yg diground ke casing ct trafo atau elko.
    Terima kasih,yuda.

    ReplyDelete
  18. untuk ps simetris harus dari trafo ct bukan pake trafo nol, dan utk ground dari ct trafo

    ReplyDelete
  19. Tapi kan trafo nol bisa dijadikan trafo ct pak,misal perlu 9 vol urutannya 0-9-18 yang 9 volt untuk ct,benar nggak ya pak.
    Terima kasih,yuda.

    ReplyDelete
  20. Ok pak,siip..
    Terima kasih,yuda.

    ReplyDelete
  21. Bang kalau speaker 12 inc 500W di seri dalam satu box,pakai supply 10A 45V cukup tidak bang,atau menurut abang berapa supaya enak dan aman..
    Terima kasih sblmnya.
    Fajar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa juga..ato bisa juga diturunkan voltnya, (biar spker gak boros/sering rusak)

      Delete
  22. Oke bang terima kasih sarannya..
    Fajar.

    ReplyDelete
  23. Bang mau tanya lagi,apa benar volume software/vcd/dvd player tidak boleh 100%,normalnya sekitar 75%,jika di set 100% sedangkan amplifier hanya 20% apakah dapat merusak spker,sedangkan saya selalu ngeset player 100%,bagaimana bang?
    Sblmnya terima kasih.
    Fajar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. seberapa besar vol yang anda inginkan ...atur saja gan.. gak masalah.

      Delete
  24. Bg,amfli aktif saya berdengung sebelah pada speaker (R)YG ad tone ny,saat saya cek pada transistor tip41 dn tip42, ternyata tip41 panasny tinggi dlm beberapa detik dn tip42 tk ad panas ap ap, dn sudah saya ganti ke2 transistor tersebut, tp knp masih tetap berdengung?
    Dan sekarang resistor 330 ohm ny menjadi sangat panas dn hangus,,.
    Kenapa ya bg?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek trnya boss satu2, mungkin bd 139/140 rusak..

      Delete
  25. Bang,ampli saya dah jadi 4 x 12" supply 10 amp 40 v,tapi transistor final hanya 2 pasang jengkol mexico untuk R dan L,perlu ditambah atau tidak bang?
    Fajar

    ReplyDelete
  26. mau nanya ni mz..speakr sy sring brbunyi nggk jelas gtu klo uda panas, it knapa y mz... mhon srannya. trims

    ReplyDelete
  27. Bang,kalau alat listrik dinyalakan,speaker bunyi dug.Sebabnya apa bang dan supaya hilang bagaimana.
    Fajar.

    ReplyDelete
  28. Bang,amplifier saya kalau menyalakan alat listrik lain bunyi dug,tapi tdk terlalu besar.Supaya hilang gimana bang atau itu normal?
    Fajar.

    ReplyDelete
  29. Mas Fajar: mungkin gejala tsb adalah induksi, cara mengatasinya, gunakan rangkaian power supply yang lengkap trmasuk kapasitor pada switch on / off, beberapa kasus yang saya alami juga begitu tetapi suara hentakanya sangat kecil, dan itu saya anggap normal.

    ReplyDelete
  30. Terima kasih bang atas sarannya,sudah beres.Saya beri kapasitor 15n 2000V tdk 100n tdk apa2 kan bang?.
    Untuk melepas komponen pcb yg kakinya ditekuk menurut pengalaman abang gimana,karena terkadang jalur pcb terlepas..
    Fajar.

    ReplyDelete
  31. Mo tanya ni mas ... Pa OCL 150 watt stereo trus di BTL tu jd mono ya mas ... pake travo ct apa biasa ya mas ... Soalnya saya bingung mas .... Input L ke ground kasi resistor lalu d sambung ke out R speaker,out L jd (-) out R jd (+) speaker ... Berarti suply arus teganganya gmn tu bos ... Trus TC nya pke yg mono apa yg stereo ... Gmn dgn power aktif yg TC nya gandeng ... Mohon pencerahanya ...matursuwun gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. utk power suply dan trafo tetap / sama, TC stereo pake salah satu , TC mono jug boleh.

      Delete
  32. mohon pencerahnya mas.
    speaker sya 100% terisi dengung, gak ada sama sekali kedengeran inputnya,,
    apa tindakan sya slanjutnya??

    ReplyDelete
  33. gan, pingin nanya nie,, kalo mw benerin speaker aktif yg kesambar petir gimana ya?
    Mksud saya kira2 komponen apa saja yg rusak akibat kesambar petir.?

    ReplyDelete
  34. mohon komentarny gan, saya punya speaker aktif merek BIG BAND (bukan big band polytron), bisa 2 mode, mp3(USB) dan radio. dalam sehari saya biasa pakai mp3 ny sekitar 2-5 jam lebih dengan memakai CARDREADER ke dalam port USB nya. nah, masalahny adalah sering sekali sewaktu memutar mp3 pake cardreader, laguny tiba" stop, dan langsung berubah mode jadi radio secara otomatis. kira" apa ya masalahny? sudah saya bawa ke tempat service audio, katany tidak ada masalah (awalny hipotesis awal mungkin modul powerny). untuk cardreader, saya juga telah menggantinya dengan yg baru tapi tetap kambuh penyakitnya.sebagai tambahan, kalau radio yang dinyalakan, tidak pernah berubah jadi mp3 secara otomatis. kira" sebenarnya apa ya masalahny? saya ucapkan terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. seperti biasanya usb player akan otomatis pindah ke mode radio jika file dalam memory cardnya tidak terbaca, ato filenya rusak, ato juga mungkin port usbnya rusak, ato juga bisa cardreadernya rusak.

      Delete
  35. malem bang, saya mau nanya nich,,
    speaker aktif saya berdengung,trus pcb sm platinanya cepet panas,, kira2 apanya bang,,???
    tadinya saya cuma iseng2 ganti kabel2 dalaman speaker aktifnya karna emang udah berjamur dtambah kabel yang dsolderannya mudah putus, jadi saya ganti semua,, dengan kabel yang baru, kira2 pengaruh ga kalo ada
    kabel yang terbalik??
    pas saya udah beres rakit saya tes awalnya keluar suara,tapi pas saya tutup casingnya malah ga nyala,yang keluar hanya suara dengung, gimana solusi nya bang/??

    ReplyDelete
  36. Mhon pencerahanya mas, ane lg bikin power dgan tda2050 pake pcb titik pas test suara, suaranya besar sebelah klo dibandingi secara persentase 70:30 dan heat sink cepet panas. Mhon penjelasanya
    Trimakasih

    ReplyDelete
  37. mas mau tanya. Speaker aktif saya pake tip41/42. Jebol, mungkin karena voltage bablas. Sudah saya ganti dan berhasil bunyi. Masalahnya suara tidak imbang L dan R nya. Ketika saya putar bass mentok, hanya speaker L yang berubah (keluar bass) dan ketika saya besarkan treble speker R bunyi JRUIT (tidak jelas). Oya ketika treble ditutup speaker R jadi kecil sekali suaranya. Mohon solusi. Terima kasih.

    ReplyDelete
  38. Speaker polytron pas21 kenapa ya kalo putar mp3 pke usb flasdisk ada timbul suara teb teb teb teb teb teb trus menerus?sangat menggangu kalau volume rendah,apakah semua memang begitu ya?ataw ada problem dgn speaker saya,kalo pke line in suara gak timbul.

    ReplyDelete
  39. saya punya usb player yang saya pasang di mobil, ketika saya sambungkan ke ampli dan volume ampli saya besarkan terdengar suara dengung banget, tp kalau usb player saya lepas gak terdengar dengung, kira2 gimana solusinya? soalnya kalau cable RCA nya aku input di HP suara ampli normal. gak dengung. tolong solusinya ya mas.

    ReplyDelete
  40. Mas, saya punya BigBand Politron, yang berwarna Hitam, keluaran setelah yg warna kuning pucat. Maslahnya ketika sementara mendengarkan lagu vauk dari CD, MP3, flashdisk, line in semuanya enak tapi sekira beberapa menit suaranya kresek2 bahkan hilang, dan muncul lagi suaranya,,,, kresek hilang-timbul lag, tapi Bigband tetapi ON tidak Standby...itu karena apa ya??? Oh ya tegangan listrik di rumah sering naik turun.

    ReplyDelete
  41. coba baca disini gan info untuk cara menganti power suplay Politron yang bermasalah http://politronservice.blogspot.com

    ReplyDelete
  42. Slmt pagi mas, saya punya home theater LG-503, speaker bass/subwoofernya itu tidak keluar suara alias mati..
    Saya mau coba cek, tapi saya tidak menemukan celah untuk membuka covernya.. Mohon petunjuk bagaimana cara membuka covernya dan bagian mana saya yg harus dicek. sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

    ReplyDelete
  43. bos sy ada hometheatr samsung power supplynya pake 5Q1565Rf tau penggantinya ga,apa penggantinya,karena susah bangt carinya.....thanks

    ReplyDelete
  44. mas, saya punya speaker aktif simbadda CST Z100, kl di on kan terdengar dengung agak besar mengganggu suara bassnya, kl di off kan terus dinyalakan lagi dengung hilang tp ga bertahan lama sekitar 10 detik dengung timbl lagi. kira-kira apa ya mas, kl box belakang dipegang (dekat pendingin yg disekrup trasa panas)? @leo

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek ic powernya, cek juga solderan di semua titik

      Delete
  45. saya punya speaker aktif jadul SONIC GEAR Model BLUE THUNDER 3,
    udah lama ga dipake soalnya TWEETERnya R & L nya ga ada suara. tapi WOFERnya masih OK.
    mohon pencerahan serta solusinya kalo bisa STEP by STEP ya mas
    soalnya saya awam dengan dunia ELEKTRONIK.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk speaker aktif biasa, jika tweter gak nyala, kemungkinan hanya tweeternya yg mati, ganti saja tweternya. untuk speaker aktif subwofer ( misal speaker audio untuk komputer) cek power ampli utk speaker satelitnya

      Delete
  46. bang ikut nanya dong,..organ/piano (YAMAHA ELECTONE HS5) punya anaku kok berdengung akhir2x ini kira kira apanya ya

    ReplyDelete
  47. bang PIANO Yamaha electone HS5 berdengung,mohon arahan service amatir ini bos..kiranya sudi balasan/petunjuk bang JM via email saya kistiyono25@ymail.com...atur nuhun bozzz...diantosi bang petunjuknya

    ReplyDelete
  48. Selamat pagi & salam kenal mas, mohon bantuan pencerahanx. Sy dari Ende Flores speaker aktif sy polytron

    ReplyDelete
  49. Hair mass , to long, power supply kdng 2menyala kadang 2 x. Bagaimana
    . mass. Susah gini. To long nya mass

    ReplyDelete
  50. mau tanya mas kalo tr driver C2073/A940 dengan tip31/32 apa sama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya punya speaker bazzoka pendorong bazz merk polytron gejalanya mendengung kl pas di sambungkan cable in out .. kenapa ya
      Mohon bantuannya Trims

      Delete
  51. Hi, I think your web site may be having internet browser compatibility problems.

    When I look at your website in Safari, it looks fine however, if opening in IE, it has
    some overlapping issues. I merely wanted to give you a
    quick heads up! Apart from that, excellent site!

    Check out my homepage ... adfly bot no survey

    ReplyDelete
  52. Minta bantuan nya mas

    Home theater lg saya
    Subwoper suara nya berdebug
    Masalah nya pa ya mas?

    Trima kasiah

    ReplyDelete
  53. Hi there, just became aware of your blog through Google, and found that it is truly informative.
    I am gonna watch out for brussels. I will appreciate if you continue this in future.
    Many people will be benefited from your writing. Cheers!



    Look at my blog post: dragon city cheat engine

    ReplyDelete
  54. mas ampli saya merek tagra rusak panas mendengung ngeluarin asap,apanya ya mas,ic nya pake tc4052bp

    ReplyDelete
  55. Hi there Dear, are you genuinely visiting this site on a regular basis, if so afterward you will definitely
    take nice know-how.

    Feel free to surf to my site - dragon city hack (http://tinyurl.com/)

    ReplyDelete
  56. Selamat malam gan sya mau tanya setelah saya ganti trafo spiker aktif polytron kok empeg sma usbnya gak bisa nyala ya?
    Makasi sebelumnya gan.

    ReplyDelete
  57. Malem bos... aku mau tanya... gi mana cara menggunakan tester

    ReplyDelete
  58. Ass..
    Sya punya speaker gmc.tadiny mati.total.sya cba ganti dioda n elco nya yg terbakar.trnyata menyala.sya bingung volume bass jalam.vole trible nya ga tidak brfungsi.kira2 masalahnya apa y bang.mhon bantuannya

    ReplyDelete
  59. maaf mw nanya,speaker yg saya punya suaranya agak kurang jelas, rusak apanya ya bos?

    ReplyDelete
  60. Mas punya speker saya tipe studio pro 150 khusus gitar amplifier..
    Kan ada equalizer smuanya..ya di katakan speker gitar...aku uda colok k spekernya tp ga dpt bunyi yg jernih sperti bunyi brisik storing uda cb k smua CH sama aja..gmn rusak dmn ya

    ReplyDelete
  61. Speker gmc..ada strom yg masuk mas..tp ga bisa nyala d tombol power nya

    ReplyDelete
  62. Mas punya speker saya tipe studio pro 150 khusus gitar amplifier..
    Kan ada equalizer smuanya..ya di katakan speker gitar...aku uda colok k spekernya tp ga dpt bunyi yg jernih sperti bunyi brisik storing uda cb k smua CH sama aja..gmn rusak dmn ya

    ReplyDelete
  63. posisi tip 41 dan 42 dimanagan

    ReplyDelete
  64. Gan saya punya polytron pas 78, kok suara trble nya kecil ya, kaya kurang berada gt, itu knp ya, beda sama punya temen ane, Dari baru suaranya udah kaya gini.

    ReplyDelete